Perbandingan hasil belajar dengan pendekatan kontekstual (CTL) dan pembelajaran konvensional dalam materi kas kecil siswa kelas XII SMK PGRI 6 Malang / Siti Halimatus Sakdiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan hasil belajar dengan pendekatan kontekstual (CTL) dan pembelajaran konvensional dalam materi kas kecil siswa kelas XII SMK PGRI 6 Malang / Siti Halimatus Sakdiyah

Sakdiyah, Siti Halimatus (2010) Perbandingan hasil belajar dengan pendekatan kontekstual (CTL) dan pembelajaran konvensional dalam materi kas kecil siswa kelas XII SMK PGRI 6 Malang / Siti Halimatus Sakdiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Halimatus Siti. 2009. Perbandingan Hasil Belajar Dengan Pendekataan Kontekstual (CTL) dan pembelajaran Konvensional dalam Materi Kas Kecil Siswa Kelas XII SMK PGRI 6 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Nergeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Cipto Wardoyo SE M.Pd M.Si Ak (2) Dra. Suparti MP Kata Kunci Pembelajaran kontekstual (CTL) Hasil Belajar Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata kedalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan ynag dimiklikinya dengan penerapannya. Dengan konsep tersebut hasil pembelajaran lebih bermakna bagi siswa Belajar dengan menggunakan pembelajaran ini dapat memacu dan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam menerima mata pelajaran karena siswa terlibat langsung dalam kegiatan proses belajar mengajar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kas kecil antara hasil belajar yang menggunakan pembelajaran kontekstual dengan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa SMK PGRI 6 Malang Subjek penelitian ini menggunakan siswa kelas XII SMK PGRI 6 Malang yaitu kelas XII APK 1 dan XII APK 2. Dimana kelas APK 1 sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional dan APK 2 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan pembelajaran kontekstual Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbandingan hasil belajar dengan pendekataan kontekstual (CTL) dan pembelajaran konvensional dalam materi kas kecil siswa kelas XII SMK PGRI 6 Malang yaitu kelas yang menggunakan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu thitung t tabel ( 3 759 1 668) . Dengan demikian pembelajaran kontekstual ini dapat digunakan atau diterapkan pada materi kas kecil atau yang lainnya di SMK PGRI 6 Malang sebagai alternatif pembelajaran yang biasanya digunakan Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya perbandingan antara hasil belajar belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34227

Actions (login required)

View Item View Item