Pengaruh ketersediaan fasilitas laboratorium, ketersediaan sumber belajar di rumah, karateristik individu dan kecerdasan emosional tehadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang / Nawang Widarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh ketersediaan fasilitas laboratorium, ketersediaan sumber belajar di rumah, karateristik individu dan kecerdasan emosional tehadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang / Nawang Widarti

Widarti, Nawang (2010) Pengaruh ketersediaan fasilitas laboratorium, ketersediaan sumber belajar di rumah, karateristik individu dan kecerdasan emosional tehadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang / Nawang Widarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Sekolah merupakan wadah pembelajaran yang diharapkan dapat mengembangkan potensi bakat dan prestasi belajar siswa. Tetapi ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa diantaranya faktor intern (jasmani psikologis kelelahan) dan ekstern (keluarga sekolah masyarakat). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara parsial dan secara simultan antara ketersediaan fasilitas laboratorium ketersediaan sumber belajar di rumah karakteristik individu dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN 1 Malang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi.Variabel dalam penelitian ini adalah ketersediaan fasilitas laboratorium (X1) ketersediaan sumber belajar di rumah (X2) karakteristik individu (X3) kecerdasan emosional (X4) dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN 1 Malang (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN 1 Malang dan sampelnya adalah siswa kelas XI IPS I MAN 1 Malang yang diperoleh dari metode purposive sampling. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket yang diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda dengan uji t dan Uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ada hubungan signifikan antara ketersediaan fasilitas laboratorium ketersediaan sumber belajar di rumah karakteristik individu dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN 1 Malang. Secara simultan juga menunjukkan ada hubungan signifikan antara ketersediaan fasilitas laboratorium ketersediaan sumber belajar di rumah karakteristik individu dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN 1 Malang sebesar 60 2% sedangkan sisanya 39 8% diperngaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Saran yang diberikan adalah sekolah diharapkan memperhatikan fasilitas laboratorium agar guru dan siswa dapat memanfaatkannya. Siswa hendaknya memiliki berbagai peralatan belajar di rumah sehingga mempermudah kegiatan belajar di rumah. Guru diharapkan dapat memahami perbedaan karakteristik individu siswa. Siswa hendaknya mengendalikan emosi dalam menghadapi berbagai persoalan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menyempurnakan penelitian ini yaitu dengan menggunakan variabel lain yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34226

Actions (login required)

View Item View Item