Pengaruh persepsi siswa tentang profesionalitas guru dan kepuasan kerja guru terhadap keberhasilan nelajar siswa pada program keahlian akuntansi di SMK Ardjuna 01 Malang / Ayu Listriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang profesionalitas guru dan kepuasan kerja guru terhadap keberhasilan nelajar siswa pada program keahlian akuntansi di SMK Ardjuna 01 Malang / Ayu Listriani

Listriani, Ayu (2009) Pengaruh persepsi siswa tentang profesionalitas guru dan kepuasan kerja guru terhadap keberhasilan nelajar siswa pada program keahlian akuntansi di SMK Ardjuna 01 Malang / Ayu Listriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan keharusan mutlak karena pada tahap pembangunan juga memerlukan peningkatan profesionalitas. Upaya peningkatan ini bermula dari peningkatan para pengelola pendidikan dan tenaga pengajarnya. Semakin tinggi tingkat profesionalitas seseorang maka semakin tinggi pula kepuasan yang hendak dicapai. Kedua faktor tersebut berpengaruh terhadap pencapaian keberhasilan yang akan diraih oleh para peserta didiknya. Setiap tenaga pengajar memiliki tingkat profesionalitas dan kepuasan kerja yang berbeda-beda. Hal ini akan menimbulkan pandangan/persepsi yang berbeda-beda pula diantara para siswa-siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan persepsi siswa tentang profesionalitas guru dan kepuasan kerja guru terhadap keberhasilan belajar siswa pada program keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 01 Malang. Penelitian ini dilakukan di SMK Ardjuna 01 Malang subyek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas X (23 siswa) dan XII (30 siswa) program keahlian Akuntansi. Jenis penelitian yang digunakan explanatory research teknik pengumpulan data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan profesionalitas guru dan kepuasan kerja guru mempengaruhi keberhasilan belajar siswa kelas X dan XII pada program keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 01 Malang. Profesionalitas guru dan kepuasan kerja guru berpengaruh positif terhadap keberhasilan belajar siswa kelas X dan XII pada program keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 01 Malang dengan diperoleh t 4 792 kepuasan kerja guru t 2 844. Secara simultan profesionalitas guru dan kepuasan kerja guru berpengaruh positif terhadap keberhasilan belajar siswa kelas X dan XII pada program keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 01 Malang dengan nilai F 19 756. Saran yang dapat diberikan (1) Hendaknya semua guru khususnya guru Akuntansi berusaha untuk terus meningkatkan kompetensi profesionalitas (2) Diharapkan kepada para semua guru di SMK Ardjuna 01 Malang untuk dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (para peserta didik). Melihat begitu ketatnya persaingan yang terjadi sehingga diharapkan bagi seluruh peserta didik yang lulus dari sekolah tersebut dapat menciptakan atau menghadapi dunia kerja selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34225

Actions (login required)

View Item View Item