Pengaruh sumber belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri I Turen / Endah Purwandani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sumber belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri I Turen / Endah Purwandani

Purwandani, Endah (2009) Pengaruh sumber belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri I Turen / Endah Purwandani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Presatasi belajar merupakan hasil belajar siswa yang diperoleh siswa dalam menyerap atau menerima ilmu pengetahuan dan materi pelajaran yang diberikan oleh guru selama proses belajar mengajar yang biasanya ditunjukkan dalam bentuk tes atau angka nilai. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa antara lain yaitu ketersediaan sumber belajar dan kebiasaan belajar siswa. Semakin tinggi ketersediaan sumber belajar akan berkontribusi terhadap meningkatnya prestasi belajar siswa atau sebaliknya. Dan semakin baik kebiasaan belajar siswa akan berkontribusi terhadap meningkatnya prestasi belajar siswa atau sebaliknya. Dengan demikian penelitian ini mengkaji tentang pengaruh sumber belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri I Turen. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh sumber belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa secara parsial maupun simultan di SMK Negeri I Turen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dokumentasi dan kuesioner (angket). Sampel dalam penelitian berjumlah 78 siswa. Metode analisa data yang digunakan adalah analisa regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri I Turen dan 2) Ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri I Turen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan 1) bagi orang tua meningkatkan perhatian terhadap kebutuhan belajar anak perkembangan anak mengontrol waktu belajar dan jam sekolah serta motivasi yang kuat menyediakan sarana dan prasaran yang dapat mendukung kegiatan belajar anak di rumah 2) Peran sekolah untuk menyediakan sumber belajar di sekolah agar lebih meningkatkan kebiasaan belajar siswa 3) Siswa sebaiknya memanfaatkan sumber belajar yang tersedia baik di rumah maupun di sekolah secara optimal guna menunjang kegiatan belajar 4) bagi peneliti selanjutnya masih terdapat banyak variabel-variabel lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34224

Actions (login required)

View Item View Item