Pengaruh kemampuan mengajar dosen akuntansi terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Dwi Pramitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemampuan mengajar dosen akuntansi terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Dwi Pramitasari

Pramitasari, Dwi (2009) Pengaruh kemampuan mengajar dosen akuntansi terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Dwi Pramitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses belajar mengajar mengandung suatu arti adanya kegiatan dari seorang dosen sebagai tenaga pengajar yang berhubungan dengan mahasiswa sebagai subjek belajar. Proses belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan suatu proses motivasi. Hal ini dimaksudkan bagaimana dalam suatu proses belajar mengajar seorang dosen mampu mengembangkan motivasi mahasiswa agar dapat melakukan kegiatan belajar mengajar secara optimal dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Agar mahasiswa memiliki motivasi belajar diperlukan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa dalam belajar adalah kemampuan mengajar yang dimiliki oleh dosen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan mengajar dosen terhadap motivasi mbelajar mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (Eksplanatory). Variabel dalam penelitian ini kemampuan mengajar dosen ( X ) dan motivasi belajar mahasiswa ( Y ) dengan jumlah populasi yang diteliti 322 mahasiswa Pendidikan Akuntansi yang aktif mengikuti matakuliah pada semester gasal 2008/2009. jumlah sampel yang diambil sebesar 100 dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling. Uji kualitas instrumen yang dipakai adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana yang diolah dengan bantuan program SPSS for window ver 10.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kemampuan mengajar dosen berpengaruh terhadap variabel motivasi belajar mahasiswa yang dibuktikan dari hasil analisis nilai uji t sebesar 8 980 R square 0 451 dan taraf signifikan 0 000 yang lebih kecil dari alpha (0 05). Berdasarkan hasil analisis deskriptif kondisi kemampuan mengajar dosen berada dalam kriteria tinggi. Hal ini dikuatkan dengan hasil analisis yang menyatakan bahwa sebesar 56% mahasiswa Pendidikan Akuntansi menilai kemampuan mengajar dosen berada pada kriteria tinggi. Motivasi belajar mahasiswa berada pada kriteria tinggi yaitu dibuktikan dengan pendapat mahasiswa sebesar 69% yang menyatakan bahwa motivasi belajar mahasiswa Pendidika Akuntansi dalam kriteria tinggi. Hasil analisis angka signifikan 0 000 0 05 sehingga H0 ditolak koefisien regresi signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel kemampuan mengajar dosen berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Bagi dosen disarankan mempunyai kemampuan-kemampuan yang tercantum dalam APKG guru antara lain (1) kemampuan dalam menggunakan metode media dan bahan latihan pengajaran yang sesuai dengan tujuan pengajaran (2) kemampuan berkomunikasi dengan mahasiswa (3) kemampuan mendemonstrasikan khasanah metode mengajar (4) kemampuan mendorong dan menggalakkan keterlibatan mahasiswa dalam pengajaran (5) kemampuan mendemonstrasikan matakuliah dan relevansinya (6) kemampuan mengorganisir waktu ruang bahan dan perlengkapan dan (7) kemampuan melaksanakan evaluasi pencapaian mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Bagi peneliti yang berminat terhadap masalah yang sama disarankan hasil penelitia ini dikembangkan penelitian dengan ruang lingkup yang lebih luas mencakup populasi dan variaelnya. Variabel kemampuan mengajar dosen dalam penelitian ini mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa sebesar 55 9% dan sebesar 54 1% dipengaruhi oleh variabel lain kemungkinan variabel tersebut seperti lingkungan belajar hubungan sosial mahasiswa cita-cita dan keadaan sosial ekonomi orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34223

Actions (login required)

View Item View Item