Pengaruh persepsi siswa tentang sarana sekolah terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada mata diklat akuntansi siswa kelas XI SMKN 1 Turen / Lis Elmi Nurkasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang sarana sekolah terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada mata diklat akuntansi siswa kelas XI SMKN 1 Turen / Lis Elmi Nurkasanah

Nurkasanah, Lis Elmi (2009) Pengaruh persepsi siswa tentang sarana sekolah terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada mata diklat akuntansi siswa kelas XI SMKN 1 Turen / Lis Elmi Nurkasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sarana sekolah merupakan komponen penunjang tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan. Dengan sarana sekolah yang lengkap dan memadai akan menimbulkan persepsi siswa untuk lebih termotivasi dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Dengan meningkatnya motivasi belajar siswa akan berpengaruh terhadap hasil belajar atau prestasi belajar siswa secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh langsung persepsi siswa tentang sarana sekolah terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Turen (2) pengaruh langsung persepsi siswa tentang sarana sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Turen (3) pengaruh langsung motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Turen (4) pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang sarana sekolah terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Turen. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang dilakukan pada 64 siswa kelas XI Ak 1 dan XI Ak 2 SMK Negeri 1 Turen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa tentang sarana sekolah dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 386 (2) persepsi siswa tentang sarana sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 324 (3) motivasi belajar siswa dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 258 (4) persepsi siswa tentang sarana sekolah berpengaruh pada prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa sebesar 0 099. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat diberikan adalah (1) Dengan semakin baiknya persepsi siswa tentang sarana sekolah maka motivasi belajar siswa juga akan meningkat sehingga pihak sekolah harus selalu mengupayakan atau menghadirkan sarana sekolah yang memadai dan sesuai standar bagi siswa yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa (2) siswa diharapkan selalu meningkatkan motivasi belajarnya karena motivasi belajar yang tinggi merupakan salah satu faktor yang penting untuk meningkatkan prestasi belajar dan (3) bagi peneliti lain yang akan mengadakan penelitian sejenis disarankan variabel yang ingin diteliti lebih diperluas misalnya lingkungan belajar kebiasaan belajar kualitas sekolah dan lainnya sehingga dapat mengungkapkan lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil dari temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34222

Actions (login required)

View Item View Item