Pengaruh minat memilih program keahlian akuntansi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Malang / Kiki Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat memilih program keahlian akuntansi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Malang / Kiki Novita Sari

Sari, Kiki Novita (2009) Pengaruh minat memilih program keahlian akuntansi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Malang / Kiki Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minat memilih program keahlian merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan prestasi belajar siswa di mana minat merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih program keahlian di SMK. Besarnya minat seseorang terhadap suatu hal dapat digunakan sebagai pemacu keberhasilan belajar sehingga mendorong siswa untuk meraih prestasi yang lebih baik. Dalam dunia pendidikan motivasi sangat diperlukan agar seorang siswa dapat belajar secara optimal motivasi merupakan faktor psikologis yang berfungsi untuk menimbulkan dan mendasari serta menggerakkan perbuatan belajar sehingga hal ini dapat meningkatkan prestasi belajar. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Malang yang berjumlah 158 siswa. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XI Ak. 3 dan siswa kelas XI Ak. 4 SMKN 1 Malang tahun ajaran 2007-2008 yang berjumlah 74 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diangkakan yaitu berupa angket dan data kuantitatif yang berupa nilai raport. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan uji deskriptif uji asumsi klasik regresi linier dan uji hipotesis. Pengujian atas hipotesis yang diajukan menunjukkan bahwa minat memilih program keahlian akuntansi dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMKN I Malang baik secara parsial maupun simultan. Saran bagi guru adalah sebaiknya guru senantiasa berupaya untuk menimbulkan dan meningkatkan motivasi belajar siswanya diantaranya dengan menyampaikan pelajaran yang mampu menarik minat siswa untuk mempelajarinya. Selain itu guru perlu mengadakan kegiatan karyawisata dan ekskursi bagi siswa. Alternatif lain yang perlu dilakukan guru agar seorang siswa lebih termotivasi untuk belajar adalah guru perlu sesekali memutarkan film pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34221

Actions (login required)

View Item View Item