Pengaruh profesionalisme dan kesiapan guru akuntansi terhadap penerapan KTSP 2006 di SMK (SMEA) Kota Malang / Riska Rahadhi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh profesionalisme dan kesiapan guru akuntansi terhadap penerapan KTSP 2006 di SMK (SMEA) Kota Malang / Riska Rahadhi

Rahadhi, Riska (2010) Pengaruh profesionalisme dan kesiapan guru akuntansi terhadap penerapan KTSP 2006 di SMK (SMEA) Kota Malang / Riska Rahadhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahadhi Riska. 2008. Pengaruh Profesionalisme dan Kesiapan Guru Akuntansi Terhadap Penerapan KTSP 2006 Di SMK (SMEA) Kota Malang Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Helianti Utami S.E. M.Si. Ak (II) Sriyani Mentari S.Pd. M.M Kata Kunci Profesionalisme Guru Kesiapan Guru dan Penerapan KTSP. Untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang tertuang dalam Undang- Undang Dasar 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa menuju masyarakat adil dan makmur baik secara material dan spiritual maka pendidikan mempunyai arti penting. Pendidikan berfungsi menjamin pertumbuhan perkembangan dan kehidupan suatu bangsa terlebih lagi bangsa yang sedang berkembang seperti Indonesia. Sejalan dengan perubahan jaman dan tuntutan masyarakat maka perlu dilakukan perubahan yang cukup mendasar dalam sistem Pendidikan Nasional. Perubahan mendasar tersebut berkaitan dengan kurikulum kompetensi guru sarana dan prasarana pendidikan seperti halnya buku dan media pembelajaran. Berkaitan dengan perubahan kurikulum pemerintah melihat perlunya diterapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum tersebut dapat membekali peserta didik dengan berbagai kemampuan yang sesuai dengan tuntutan zaman dan tuntutan reformasi yang dapat menyesuaikan dengan perubahan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan kesiapan guru terhadap penerapan KTSP Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh guru yang mengajar akuntansi di SMK (SMEA) Kota Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Hasil dari penelitian di uji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya kemudian di analisis. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang sebelumnya telah diuji uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Profesionalisme guru tidak berpengaruh signifikan terhadap penerapan KTSP dengan nilai thitung (-0 689) ttabel (2 045) dengan tingkat signifikansi 0 497 0 05 (2) Kesiapan guru berpengaruh signifikan terhadap penerapan KTSP dengan nilai thitung (3 467) ttabel (2 045) dengan tingkat signifikansi 0 002 0 05 (3) Profesionalisme guru dan kesiapan guru berpengaruh siginfikan terhadap penerapan KTSP dengan nilai Fhitung (6 095) dari Ftabel (3 25) dengan tingkat signifikansi 0 007 0 05. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan (1) peningkatan kualitas profesionalisme guru terus ditingkatkan. (2) untuk penelitian selanjutnya diharapkan meneliti variabel lain yang belum pernah diteliti atau dengan menggunakan instrumen lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34220

Actions (login required)

View Item View Item