Hubungan kemenarikan gaya mengajar dosen dan minat belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Nurul Hudha Purnomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemenarikan gaya mengajar dosen dan minat belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Nurul Hudha Purnomo

Purnomo, Nurul Hudha (2011) Hubungan kemenarikan gaya mengajar dosen dan minat belajar dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Nurul Hudha Purnomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kemenarikan gaya mengajar dosen minat belajar prestasi belajar Tujuan pendidikan adalah membentuk manusia kearah yang lebih baik pada semua aspek yaitu aspek sikap (afektif) pengetahuan (kognitif) dan gerak (psikomotor). Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) telah berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan dibentuknya badan penjaminan mutu. Tujuan dari badan penjamin mutu tersebut adalah mengontrol kualitas pembelajaran di jurusan. Terdapat beberapa hal yang terkait dalam pembelajaran diantaranya adalah prestasi belajar kemenarikan gaya mengajar dosen dan minat belajar. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) adakah hubungan antara tingkat kemenarikan gaya mengajar dosen dengan prestasi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) (2) adakah hubungan antara minat belajar mahasiswa dengan prestasi mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) (3) adakah hubungan antara kemenarikan gaya mengajar dosen dengan minat belajar mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) (4) secara bersama-sama adakah hubungan antara kemenarikan gaya mengajar dosen dan minat belajar mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan (AP). Model penelitian yang digunakan adalah model multiple correlational multivariat jenis penelitian descriptive correlational bertujuan untuk menjelaskan hubungan kemenarikan gaya mengajar dosen (X1) dan minat belajar (X2) dengan prestasi belajar mahasiswa (Y). Penelitian ini dilakukan di Jurusan Administrasi Pendidikan dengan populasi berjumlah 351 dengan jumlah sampel 187 mahasiswa teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan instrumen angket teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian yaitu (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemenarikan gaya mengajar dosen dengan prestasi belajar mahasiswa AP dengan rhitung 0 401 rtabel 0 143 taraf signifikansi 5% (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar mahasiswa AP dengan rhitung 0 616 rtabel 0 143 taraf signifikansi 5% (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemenarikan gaya mengajar dosen dengan minat belajar mahasiswa AP dengan rhitung 0 386 rtabel 0 143 taraf signifikansi 5% (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemenarikan gaya mengajar dosen dan minat belajar mahasiswa dengan prestasi belajar mahasiswa AP dengan dengan rhitung 0 587 rtabel 0 143 taraf signifikansi 5%. Saran yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) bagi Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) FIP UM hendaknya digunakan sebagai bahan evaluasi tentang gaya mengajar pada nantinya dosen diharapkan lebih dapat menggali kreatifitas gaya mengajarnya dan dapat memotivasi mahasiswa agar lebih berminat terhadap mata kuliah sehingga prestasi belajarnya dapat meningkat (2) hendaknya Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan tetap meningkatkan minat belajar sehingga lebih berminat dalam mempelajari mata kuliah di Jurusan AP dengan mengetahui karakteristik gaya mengajar dosen gaya belajar mahasiswa dapat disesuaikan sehingga prestasi belajarnya meningkat (3) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM hendaknya digunakan sebagai bahan informasi dan masukan dalam penempatan dosen yang gaya mengajar dan kemampuannya sesuai dengan mata kuliah yang diajarkannya sehingga akan meningkatkan efektivitas pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar (4) bagi Peneliti Lainnya hendaknya digunakan sebagai sumber acuan untuk penelitian lebih lanjut sehingga pada nantinya dapat terungkap lebih banyak gaya mengajar yang diminati oleh mahasiswa dan untuk lebih memperdalam maka peneliti yang akan melakukan penelitian hendaknya menggunakan metode penelitian kualitatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3422

Actions (login required)

View Item View Item