Pengaruh cara, kebiasaan dan gaya belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa SMA Negeri I Blitar / Muji Astutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh cara, kebiasaan dan gaya belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa SMA Negeri I Blitar / Muji Astutik

Astutik, Muji (2009) Pengaruh cara, kebiasaan dan gaya belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa SMA Negeri I Blitar / Muji Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muji Astutik 2008 Pengaruh Cara Kebiasaan dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa SMA Negeri I Blitar. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (i) Sri Puji Ningsih SE. M.Si (ii) Eka Ananta Sidharta SE. M.M Ak. Kata kunci Cara belajar kebiasaan belajar gaya belajar dan prestasi belajar. Pada umumnya cara kebiasaan dan gaya belajar siswa baik dilakuka di rumah maupun di sekolah yaitu ketika akan menghadapi ulangan atau ujian saja. Cara belajar seperti ini yang tidak diharapkan oleh orang tua maupun guru. Efektifitas belajar tergantung pada cara kebiasaan dan gaya belajar siswa yang baik. Cara kebiasaan dan gaya belajar yang kurang tepat mengakibatkan prestasi belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk menjelaskan besarnya pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar Akuntansi pada siswa di SMA Negeri I Blitar. (2) Untuk menjelaskan besarnya pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Akuntansi pada siswa di SMA Negeri I Blitar. (3) Untuk menjelaskan besarnya pengaruh cara dan kebiasaan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar Akuntansi pada siswa di SMA Negeri I Blitar. (4) Untuk menjelaskan faktor yang paling dominant mempengaruhi prestasi belajar Akuntansi pada siswa di SMA Negeri I Blitar. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Negeri I Blitar rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional variabel dalam penelitian ini meliputi variabel cara belajar kebiasaan belajar gaya belajar dan prestasi belajar. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan akuntansi tahun ajaran 2008/2009 pada SMA Negeri I Blitar sebanyak 96 siswa. Semua populasi dijadikan sample populasi sebab kurang dari 100. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dimana syarat untuk file ///D /BIMB.%20MAJEMUK/bimbingan/utik%20revisi/skripsi.htm (9 of 122) [4/8/2009 1 26 48 PM] PENGARUH CARA KEBIASAAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA SMA NEGERI I BLITAR melakukan analisis adalah terpenuhinya uji asumsi klasik. Hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut (1) Terdapat pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar Akuntansi pada siswa di SMA Negeri I Blitar karena diperoleh nilai signifikan dari uji t sebesar 0.000 sedangkan besarnya pengaruh tersebut sebesar 70.2%. (2) Terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Akuntansi pada siswa di SMA Negeri I Blitar karena diperoleh nilai signifikan dari uji t sebesar 0.001 sedangkan besarnya pengaruh tersebut sebesar 34.3%. (3) Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar Akuntansi pada siswa di SMA Negeri I Blitar karena diperoleh nilai signifikan dari uji t sebesar 0.000 sedangkan besarnya pengaruh tersebut sebesar 64.7%. (4) Terdapat pengaruh cara kebiasaan dan gaya belajar secara simultan terhadap prestasi belajar Akuntansi pada siswa di SMA Negeri I Blitar karena diperoleh nilai signifikan dari uji f sebesar 0.000 sedangkan besarnya pengaruh tersebut sebesar 66.7%. (5) Faktor yang paling dominan mempengaruhi prestasi belajar Akuntansi pada siswa di SMA Negeri I Blitar adalah cara belajar sebab memiliki nilai pengaruh secara parsial terbesar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34217

Actions (login required)

View Item View Item