Hapsari, Maya Ria (2009) Pengaruh persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nganjuk / Maya Ria Hapsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Potensi peserta didik terus diupayakan di dalam pendidikan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Guru merupakan komponen pendidikan dalam proses belajar mengajar yang ikut berperan dalam usaha mengembangkan potensi peserta didik yang potensial. Melihat peranan guru yang demikian penting maka guru harus benar-benar menguasai keterampilan mengajar. Melalui keterampilan mengajar tersebut guru dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa sehingga siswa bergairah dan tekun belajar. Timbulnya motivasi belajar di kelas salah satunya dipengaruhi oleh adanya persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru. Dengan adanya motivasi belajar tersebut akan mendorong siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nganjuk (2) menjelaskan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nganjuk (3) menjelaskan pengaruh persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nganjuk. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nganjuk pengambilan sampel menggunakan teknik sratified proportional random sampling.Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan persentase dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nganjuk. Pengaruh persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar ditunjukkan oleh nilai R Squere sebesar 0 565 hal ini menunjukkan sebesar 56 5% prestasi belajar dipengaruhi oleh dua variabel bebas yaitu persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar sisanya sebesar 43 5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru yang baik dan motivasi belajar yang tinggi mampu mempengaruhi prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa atas keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nganjuk. Disarankan sebaiknya guru meningkatkan keterampilan mengajarnya di dalam kelas yang memungkinkan siswa termotivasi untuk belajar dengan giat sehingga siswa dapat meraih prestasi belajar dengan hasil yang optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34215 |
Actions (login required)
View Item |