Pengaruh implementasi program pendidikan sistem ganda (PSG) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa jurusan akuntansi SMK NU Karanggeneng Lamongan / Nur Umimah Ulfah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh implementasi program pendidikan sistem ganda (PSG) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa jurusan akuntansi SMK NU Karanggeneng Lamongan / Nur Umimah Ulfah

Ulfah, Nur Umimah (2010) Pengaruh implementasi program pendidikan sistem ganda (PSG) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa jurusan akuntansi SMK NU Karanggeneng Lamongan / Nur Umimah Ulfah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Umimah Ulfah Nur 2008. Pengaruh Implementasi Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi SMK NU Karanggeneng. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi SI Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sumadi S.E M.M. (II) Helianti Utami S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Implementasi PSG Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intrinsik seperti motivasi belajar siswa dan ekstrinsik seperti Implementasi PSG. PSG merupakan suatu bentuk pelatihan profesional yang mengkombinasikan program pendidikan di sekolah dan program keahlian yang diperoleh melalui aktifitas kerja langsung di tempat kerja. Motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor intrinsik misalnya budaya keluarga sekolah/institusi yang merupakan tempat terjadinya proses pembelajaran dan faktoe intrinsik misalnya kepribadian individu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh langsung antara Implementasi PSG terhadap motivasi belajar siswa jurusan Akuntansi SMK NU Karanggeneng (2) pengaruh langsung antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa jurusan Akuntansi SMK NU Karanggeneng (3) pengaruh langsung antara Implementasi PSG terhadap prestasi belajar siswa jurusan Akuntansi SMK NU Karanggeneng (4) pengaruh tidak langsung antara Implementasi PSG terhadap prestasi belajar siswa jurusan Akuntansi SMK NU Karanggeneng melalui motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan instrument berupa kuesioner yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis jalur (path analisis). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SMK NU Karanggeneng. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proporsional random sampling. Jumlah populasi sebesar 124 siswa sedangkan sampelnya adalah sebesar 50 siswa Berdasarkan hasil analisis data menyatakan bahwa pengaruh langsung Implementasi PSG terhadap motivasi belajar siswa dapat diterima. Karna mampunyai mempunyai thitung 5 395 ttabel 2 008. Sedangkan koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0 365 dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 614. pengaruh langsung antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi siswa dapat diterima. Karena mempunyai thitung 4 069 ttabel 2 008. Sedangkan koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0 241 dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 506. pengaruh langsung implementasi PSG terhadap prestasi belajar siswa dapat diterima.karena mempunyai thitung 3 045 ttabel 2 008. Sedangkan koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0 144 dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 402. Hasil dari koefisien beta terstandarisasi pengaruh tidak langsung implementasi PSG terhadap prestasi melalui motivasi belajar siswa sebasar 0 311 sedangkan total nilai koefisien beta tersatansarisasi sebesar 0 713 ini menunjukkan terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan antara implementasi PSG terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34214

Actions (login required)

View Item View Item