Pengaruh keaktifan Beroganisasi dan minat belajar terhadap prestasi akademik mata pelajaran akuntansi di MAN 3 Malang / Selvi Fitri Nurgianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh keaktifan Beroganisasi dan minat belajar terhadap prestasi akademik mata pelajaran akuntansi di MAN 3 Malang / Selvi Fitri Nurgianto

Nurgianto, Selvi Fitri (2009) Pengaruh keaktifan Beroganisasi dan minat belajar terhadap prestasi akademik mata pelajaran akuntansi di MAN 3 Malang / Selvi Fitri Nurgianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Organisasi merupakan suatu wadah bagi masyarakat yang dapat mengembangkan pola pikir kita dalam berorganisasi atau dalam hidup sosial selain itu juga organisasi sebagai wadah bakat dan minat individu yang berdampak inovasi pada diri sendiri dan orang lain. Dalam penelitian ini di fokuskan pada organisasi kesiswaan atau sekolah. Keaktifan berorganisasi sangat baik ditanamkan pada diri siswa guna membangun mental dan fisik dalam kehidupan nyata sekolah bukan saja hanya pelajaran teori semata yang didapatkan siswa tetapi sikap dan pelaksanaan di luar pelajaran juga perlu. dalam hal ini sekolah akan menampung bakat dan minat diluar kemampuan non akademik siswa dalam organisasi di sekolah yaitu intra dan ekstrakurukuler. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui berapa besar tingkat pengaruh keaktifan berorganisasi pada siswa terhadap prestasi akademiknya pada mata pelajaran akuntansi dan berapa besar tingkat pengaruh minat belajar terhadap prestasi akademik siswa pada mata peajaran akuntansi. Jadi dalam prestasi akademik siswa pada mata pelajaran akuntansi apakah di pengaruhi oleh kedua variabel di atas yaitu keaktifan berorganisasi dan minat belajar.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda di mana analisis ini menunjukkan secara parsial pengaruh variabel variabel yang ada juga pengaruh secara simultan atau keseluruhan variabel bebas terhadap variabel terikatnya. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh pengaruh yang sangat signifikan secara keseluruhan atau simultan. Dengan rincian keaktifan berorganisasi berpengaruh terhadap prestasi akademik siswa pada mata pelajaran akuntansi demikian pula pada minat belajar yang berpengaruh paling dominan atau kuat terhadap prestasi akademik siswa mata pelajaran akuntansi. Jadi siswa yang aktif dalam organisasi juga membawa dampak positif pada prestasi akademik tetapi lebih besar pangaruhnya siswa yang mempunyai minat belajar yang lebih tinggi dari pada keaktifan berorganisasinya terhadap prestasi akademiknya pada mata pelajaran akuntansi. Saran pada penelitian ini adalah sekolah sebaiknya menjalin kerjasama dengan organisasi yang ada di masyarakat sehingga siswa dapat mengaplikasikan pengalaman organisasinya di luar sekolah. Siswa yang aktif berorganisasi tetap harus lebih memperhatikan waktu belajarnya agar prestasi akademik tetap terjaga khususnya mata pelajaran akuntansi. Komunikasi antara guru dan siswa lebih ditingkatkan guna dalam meningkatkan prestasi akademik yang saling menyeimbangkan antara keaktifan berorganisasi dan minat belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34211

Actions (login required)

View Item View Item