Pengaruh spiritual quotient (SQ) dan persepsi siswa tentang efektivitas pendidikan sistem ganda (PSG) terhadap prestasi PSG siswa program keahlian akuntansi SMK PGRI Turen / Sindu Pramesthi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh spiritual quotient (SQ) dan persepsi siswa tentang efektivitas pendidikan sistem ganda (PSG) terhadap prestasi PSG siswa program keahlian akuntansi SMK PGRI Turen / Sindu Pramesthi

Pramesthi, Sindu (2010) Pengaruh spiritual quotient (SQ) dan persepsi siswa tentang efektivitas pendidikan sistem ganda (PSG) terhadap prestasi PSG siswa program keahlian akuntansi SMK PGRI Turen / Sindu Pramesthi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Trial version of e-PDF Document Converter ABSTRAK Pramesthi Sindu. 2009. Pengaruh Spiritual Quotient (SQ) dan Persepsi Siswa tentang Efektivitas Pendidikan Sistem Ganda (PSG) terhadap Prestasi PSG Siswa Program Keahlian Akuntansi SMK PGRI Turen. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Sutatmi M.Pd M.Si (II) Triadi Agung Sudarto S.E M.Si Ak. Kata Kunci Spiritual Quotient Persepsi Pendidikan Sistem Ganda (PSG) Penerapan pendidikan dengan sistem ganda di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan upaya untuk meningkatkan mutu lulusan sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan DU/DI. Persepsi siswa tentang efektivitas PSG merupakan kemampuan siswa untuk mengamati dan mengenal PSG sebagai suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara sistematis dan sinkron dengan program pendidikan di sekolah serta program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di DU/DI. Prestasi tidak hanya ditentukan oleh faktor IQ saja tetapi ada faktor lain yang ikut berperan yaitu SQ. Prestasi PSG ditentukan kemampuan belajar di sekolah maupun belajar di DU/DI. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui pengaruh Spiritual Quotient dan persepsi siswa tentang efektivitas Pendidikan Sistem Ganda terhadap prestasi PSG siswa program keahlian Akuntansi SMK PGRI Turen baik secara parsial maupun simultan. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian Akuntansi SMK PGRI Turen dengan responden sebanyak 93 siswa. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan sampel uji coba sebanyak 30 responden. Data diperoleh melalui responden dengan menggunakan angket/kuesioner tertutup dan diukur menggunakan skala Likert dengan skala empat. Sedangkan analisis data menggunakan analisis regersi berganda untuk mengetahui pengaruh Spiritual Quotient dan persepsi siswa tentang efektivitas Pendidikan Sistem Ganda terhadap prestasi PSG siswa baik secara parsial maupun secara simultan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Spiritual Quotient mempunyai nilai sig t 0 000 lebih kecil dari nilai signifikansi ( 0 005) sehingga pada peluang kesalahan 5% Spiritual Quotient mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi PSG siswa program keahlian Akuntansi (2) Persepsi siswa tentang efektivitas Pendidikan Sistem Ganda mempunyai nilai sig t 0 000 lebih kecil dari nilai signifikansi ( 0 005) sehingga pada peluang kesalahan 5% persepsi siswa mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi PSG siswa program keahlian Akuntansi (3) Spiritual Quotient dan persepsi siswa tentang efektivitas Pendidikan Sistem Ganda mempunyai nilai sig t 0 000 lebih kecil dari nilai signifikansi ( 0 005) sehingga pada peluang kesalahan 5% Spiritual Quotient dan persepsi siswa tentang efektivitas PSG mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi PSG siswa program keahlian Akuntansi. Spiritual Quotient (X1 ) mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi PSG siswa program keahlian Akuntansi SMK PGRI Turen. Persepsi siswa tentang efektivitas Pendidikan Sistem Ganda (X2 ) mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi PSG siswa program keahlian Akuntansi SMK PGRI Turen. Secara simultan ada pengaruh positif antara Spiritual Quotient (SQ) dan persepsi siswa tentang efektivitas Pendidikan Sistem Ganda (PSG) terhadap prestasi PSG siswa program keahlian Akuntansi SMK PGRI Turen. Selanjutnya saran yang Please purchase e-PDF Creator on http //www.e-pdfconverter.com to remove this message. Trial version of e-PDF Document Converter Trial version of e-PDF Document Converter dapat peneliti berikan adalah (1) Untuk penelitian selanjutnya khususnya tentang pengaruh SQ dan persepsi siswa tentang efektivitas PSG terhadap prestasi PSG hendaknya menambahkan variabel lain yang akan diteliti untuk pengembangan penelitian atau menganalisis permasalahan ini dengan menggunakan metode penelitian lainnya. (2) Selain kecerdasan intelektual ada faktor lain yang menentukan keberhasilan pendidikan yaitu Kecerdasan Spiritual (SQ). Dengan demikian hendaknya guru tidak lagi terpaku pada kecerdasan intelektual saja karena faktor lain termasuk SQ juga menentukan keberhasilan seseorang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34208

Actions (login required)

View Item View Item