Pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan kualitas sekolah terhadap motivasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Magetan / Bekti Wahyuni Dwi Sulistyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan kualitas sekolah terhadap motivasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Magetan / Bekti Wahyuni Dwi Sulistyowati

Sulistyowati, Bekti Wahyuni Dwi (2010) Pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan kualitas sekolah terhadap motivasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Magetan / Bekti Wahyuni Dwi Sulistyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulistyowati B.W.D. 2008. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Gaya Mengajar Guru dan Kualitas Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Magetan. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurika Restuningdiah S.E. M.Si. Ak (II) Triadi Agung Sudarto S.E. Ak. M.Si. Kata kunci persepsi siswa gaya mengajar guru kualitas sekolah motivasi belajar Gaya mengajar guru adalah salah satu komponen dari ketrampilan menggunakan variasi. Gaya mengajar guru berbeda-beda tergantung dari kretivitas guru untuk menciptakan proses belajar mengajar yang menarik. Penggunaan variasi dalam mengajar diperlukan untuk mengatasi kebosanan atau kejenuhan yang dialami siswa di dalam proses belajar di kelas sehingga siswa memiliki motivasi belajar. Motivasi belajar siswa juga dapat ditimbulkan dari kualitas sekolahnya. Apabila siswa telah merasa puas dengan kualitas sekolahnya maka akan muncul feed back yang berbentuk tingkah laku salah satunya adalah dengan meningkatnya motivasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan siswa beranggapan bahwa sekolah mereka berkualitas baik sehingga agar tidak tertinggal dari siswa lainnya maka mereka akan berlomba-lomba untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan kualitas sekolah baik secara parsial maupun simultan terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksplanasi (explanatory research) dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Magetan dan penggunaan sampelnya menggunakan teknik proportional stratified random sampling . Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Pearson Product Moment untuk uji validitas Alpha Cronbach untuk uji reliabilitas dan regresi berganda untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel-variabel dalam penelitian ini. Dari hasil analisis data diketahui bahwa (1) persepsi siswa tentang gaya mengajar guru berpengaruh terhadap motivasi belajar yang terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai t 4 149 dan signifikan t 0 000 (2) persepsi siswa tentang kualitas sekolah tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yang terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai t 1 963 dan signifikan t 0 053 (3) persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan kualitas sekolah berpengaruh secara simultan terhadap motivasi belajar siswa yang terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai F 1 963 dan signifikan F 0 000. Adapun koefisien determinasi variabel bebasnya (R square) adalah sebesar 0 364 atau sebesar 36 4% merupakan kontribusi dari gaya mengajar guru (X1) dan kualitas sekolah (X2) terhadap motivasi belajar (Y). Sedangkan sisanya sebesar 63 6% merupakan kemungkinan berubahnya motivasi belajar siswa yang disebabkan oleh variabel lain yang tidak diteliti atau di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34202

Actions (login required)

View Item View Item