Pengaruh sistem penilaian portofolio, kompetisi diri, efikasi diri, dan lingkungan keluarga guru terhadap profesionalisme guru SMAN se-Kota Malang / Anastasia Yuwan Arismawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sistem penilaian portofolio, kompetisi diri, efikasi diri, dan lingkungan keluarga guru terhadap profesionalisme guru SMAN se-Kota Malang / Anastasia Yuwan Arismawati

Arismawati, Anastasia Yuwan (2009) Pengaruh sistem penilaian portofolio, kompetisi diri, efikasi diri, dan lingkungan keluarga guru terhadap profesionalisme guru SMAN se-Kota Malang / Anastasia Yuwan Arismawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lingkungan Keluarga Guru Profesionalisme Guru Kompetensi diri efikasi diri merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan profesionalisme kerja guru. Untuk menilai hasil kerja yang mencerminkan kompetensi guru tersebut maka pemerintah mengadakan program sertifikasi dengan sistem penilaian portofolio agar hasilnya benar benar menggambarkan prestasi kerja selama kurun waktu tertentu. Selain faktor internal dari seorang guru faktor eksternal lingkungan keluarga juga turut menentukan keprofesionalan seorang guru.Profesionalme tidak akan terwujud jika tidak di sertai dukungan yang besar dari lingkungan keluaganya. Jadi faktor sistem penilaian portofolio kompetensi diri efikasi diri dan lingkungan keluarga guru merupakan empat faktor yang dapat mempengaruhi keprofesionalan guru SMA Negeri se Kota Malang. Sehingga Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh Sistem Penilaian Portofolio terhadap Profesionalisme guru SMAN se Kota Malang. (2) Pengaruh Kompetensi Diri Guru terhadap profesionalisme guru SMAN se Kota Malang. (3) Pengaruh efikasi diri guru terhadap profesionalisme guru SMAN se Kota Malang. (4) Pengaruh lingkungan keluarga guru terhadap profesionalisme guru SMAN se Kota Malang. (5) Pengaruh sistem penilaian portofolio kompetensi diri efikasi diri dan lingkungan keluarga guru terhadap profesionalisme guru SMAN se Kota Malang. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi.Sedangkan subyek penelitian ini semua guru SMAN se Kota Malang yang sudah tersertifikasi sebanyak 74 orang.Teknik analisis yang diterapkan yaitu analisis deskriptif untuk menggambarkan kondisi obyektif sistem penilaian portofolio kompetensi diri efikasi diri lingkungan keluarga guru dan profesionalisme guru. Sedangkan analisis regresi linear berganda analisis uji t dan analisis uji F untuk mengetahui besarnya pengaruh sistem penilaian portofolio kompetensi diri efikasi diri lingkungan keluarga guru sebagai variabel bebas (X) terhadap profesionalisme guru SMAN se Kota Malang sebagai variable terikat (Y) baik secara parsial maupun simultan. Hasil analisis menunjukkan (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara sistem penilaian portofolio dengan profesionalisme guru SMAN se Kota Malang.Hal ini terbukti dari besarnya nilai t hitung sebesar 4 925 dengan tingkat signifikansi 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34201

Actions (login required)

View Item View Item