Persepsi mahasiswa terhadap internet sebagai sumber belajar dalam menunjang perkuliaan di jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Dian Alifatin Nur Rahmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi mahasiswa terhadap internet sebagai sumber belajar dalam menunjang perkuliaan di jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Dian Alifatin Nur Rahmah

Rahmah, Dian Alifatin Nur (2009) Persepsi mahasiswa terhadap internet sebagai sumber belajar dalam menunjang perkuliaan di jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Dian Alifatin Nur Rahmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kehadiran Internet dengan segala sifat dan karakteristiknya yang khas telah dipandang sebagai sumber belajar (sumber informasi) masa depan. Internet mempunyai banyak potensi yang dapat mendukung proses pendidikan yang lebih baik. Namun sejauh ini tentang kehadiran Internet dan manfaatnya dalam menunjang perkuliahan belum ditindak lanjuti lebih jauh dalam suatu penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa mengenai (1) kendala-kendala pemanfaatan Internet sebagai sumber belajar (2) peranan informasi Internet sebagai sumber belajar (sumber informasi) (3) fasilitas internet yang telah tersedia oleh FE-UM dan (4) pola pemanfaatan Internet sebagai sumber belajar dalam menunjang perkuliahan. Jenis atau rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan tahun 2005 dan 2006 FE-UM tahun ajaran 2007/2008 sedangkan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebesar 110 mahasiswa. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa (1) persepsi mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan tahun 2005 dan 2006 jurusan akuntansi FE-UM terhadap kendala pemanfaatan Internet sebagai sumber belajar adalah dalam kategori memberatkan sebesar 58.2% (2) persepsi mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2005 dan 2006 jurusan akuntansi FE-UM terhadap peranan Internet sebagai sumber belajar (sumber informasi) adalah dalam kategori penting sebesar 69.1% (3) penilaian mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2005 dan 2006 terhadap pelayanan Internet di FE-UM adalah cukup baik sebesar 61.8% (4) pola pemanfaatan Internet di FE-UM adalah kurang memenuhi sebesar 64.5%. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) agar mahasiswa lebih giat dalam memanfaatkan Internet sebagai sumber belajar yang dapat menunjang perkuliahan secara optimal (2) Mahasiswa lebih aktif meningkatkan kemampuannya (3) FE-UM perlu memperbaiki fasilitas Internet yang ada sekarang (4) FE-UM lebih sering mengadakan pelatihan-pelatihan Internet bagi dosen dan mahasiswa dan (5) bagi peneliti yang mempunyai keinginan mengadakan penelitian sejenis disarankan untuk menggunakan populasi dan sampel penelitian yang lebih luas serta menambah variabel penelitian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34197

Actions (login required)

View Item View Item