Rafsanjani, Mohamad Arief (2009) Pengaruh kompetensi profesional dan motivasi kerja terhadap kinerja guru akuntansi SMAN se-Kota Malang / Mohamad Arief Rafsanjani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rafsanjani Mohamad Arief. 2008. Pengaruh Kompetensi Profesional dan Motivasi kerja terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMAN se Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sumadi SE. MM. (II) Dra. Endang Sri Andayani SE. M.Si. Ak. Kata Kunci Kompetensi Profesional Motivasi Kerja Kinerja Guru Pendidikan merupakan faktor penting dalam proses kemajuan suatu bangsa. Pendidikan diharapkan mampu menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas sehingga dapat mengembangkan segala potensi yang dimiliki oleh suatu bangsa. Guru sebagai salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam proses pembelajaran diharapkan memiliki kompetensi profesional dan motivasi kerja yang tinggi sehingga mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang ideal dan mampu menghasilkan manusia yang memiliki SDM berkualitas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang tingkat kompetensi profesional dan motivasi kerja guru akuntansi SMAN se kota Malang serta untuk mengetahui pengaruh tingkat kompetensi profesional dan motivasi kerja guru akuntansi SMAN se kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi dengan pendekatan survey. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi profesional guru (X1) motivasi kerja guru (X2) dan kinerja guru (Y). Subjek penelitian ini adalah guru akuntansi SMAN se kota Malang tahun 2008. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket/kuesioner tertutup yang diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi ganda dengan menggunakan uji t dan uji F pada taraf signifikansi 0 05. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kompetensi profesional guru berpengaruh secara positif signifikan terhadap kinerja guru akuntansi SMA Negeri se-Kota Malang hal ini dapat dilihat dari t hitung 4 946 t tabel 2 131 dan signifikansi 0 039 0 05. Motivasi kerja juga berpengaruh secara positif signifikan terhadap kinerja guru akuntansi SMA Negeri se-Kota Malang hal ini dapat dilihat dari hasil t hitung 3 327 t tabel 2 131 dan signifikansi 0 016 0 05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap kinerja guru akuntansi SMAN se kota Malang sebesar 40 26% sedangkan variabel motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru akuntansi SMAN se kota Malang sebesar 42 09%. Secara simultan pengaruh variabel kompetensi profesional guru dan variabel motivasi kerja terhadap kinerja guru akuntansi SMAN se kota Malang sebesar 82 4% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial dan simultan kompetensi profesional dan motivasi kerja berpengaruh secara positif signifikan terhadap kinerja guru akuntansi SMAN se kota Malang. Saran yang dapat diajukan dari hasil penelitian ini adalah (1) guru hendaknya selalu meningkatkan kemampuan kompetensi profesional dan motivasi didalam bekerja (2) pihak sekolah dan lembaga terkait hendaknya lebih selektif dalam mengangkat seorang tenaga pendidik (3) pihak sekolah dan lembaga terkait hendaknya juga selalu meningkatkan kemampuan kompetensi profesional dan motivasi kerja par guru melalui berbagai kegiatan seperti penataran dan seminar ilmiah (4) bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti dengan tema yang serupa hendaknya memperluas cakupan subjek penelitian dan menambah variabel independen seperti tingkat pendidikan guru dan citra sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34196 |
Actions (login required)
View Item |