Penerapan metode rwo stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran siklus akuntansi siswa kelas X akuntansi SMK PGRI 6 Malang / Wiwin Efriliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode rwo stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran siklus akuntansi siswa kelas X akuntansi SMK PGRI 6 Malang / Wiwin Efriliana

Efriliana, Wiwin (2009) Penerapan metode rwo stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran siklus akuntansi siswa kelas X akuntansi SMK PGRI 6 Malang / Wiwin Efriliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan awal wawancara guru dan siswa menunjukkan bahwa selama ini guru yang mengajarkan mata pelajaran Siklus Akuntansi kelas X Akuntansi belum pernah menggunakan pendekatan kooperatif temasuk metode Two Stay Two Stray dalam mengajar di SMK PGRI 6 Malang. Pada saat belajar kelompok anggota yang kurang aktif hanya menggantungkan jawaban temannya yang dianggap pintar sedangkan siswa yang dipercayakan pintar oleh anggotanya tidak berusaha untuk memotivasi anggotanya untuk bekerjasama memberikan sumbangan pikiran. Sehingga tampak tidak ada pembagian kerja yang merata dalam kelompok. Hal tersebut juga berpengaruh pada hasil belajar siswa yang setelah dianalisis bahwa siswa yang kurang aktif di kelas juga menunjukkan hasil belajarnya kurang. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah salah satu pembelajaran kooperatif dengan metode Two Stay Two Stray. Penelitian ini dilaksankan pada tanggal 24 Oktober sampai 14 Nopember 2008. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes akhir belajar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 6 Malang yang terdiri dari 34 siswa. Langkah-langkah metode ini ialah kerja kelompok dua siswa bertamu ke kelompok lain dan dua siswa lainnya tetap di kelompoknya untuk menerima dua orang dari kelompok lain kerja kelompok kembali ke kelompok asal kerja kelompok persentasi kelompok. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara tes angket dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Two Stay Two Stray yang dilakukan dalam mata pelajaran Siklus Akuntansi siswa kelas X Akuntansi di SMK PGRI 6 Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar sebesar 17 01% dari sebelum dilakukan tindakan dengan melihat rata-rata ulangan harian sebelumnya dengan setelah dilaksanakan tes akhir siklus 1. Sedangkan hasil belajar siswa dari siklus 1 telah meningkat sebesar 8 25% ke siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan bahwa dalam menerapkan metode Two Stay Two Stray hendaknya disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan oleh guru. Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar tidak hanya menilai hasil belajar tapi juga menilai segala aktivitas atau keaktifan setiap siswa dalam melaksanakan langkah-langkah metode ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34195

Actions (login required)

View Item View Item