Pengaruh kemampuan akademik, motivasi kerja, minat menjadi guru, dan gaya kepimpinan Kepala Sekolah terhadap profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang / Viditya Yuliani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemampuan akademik, motivasi kerja, minat menjadi guru, dan gaya kepimpinan Kepala Sekolah terhadap profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang / Viditya Yuliani

Yuliani, Viditya (2009) Pengaruh kemampuan akademik, motivasi kerja, minat menjadi guru, dan gaya kepimpinan Kepala Sekolah terhadap profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang / Viditya Yuliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan. Kualitas guru akan ikut mempengaruhi kualitas muridnya. Oleh karena itu pembinaan dan pengembangan terhadap guru merupakan hal mendasar dalam proses pendidikan. Saat ini guru dianggap sebuah profesi yang sejajar dengan profesi yang lain sehingga seorang guru dituntut bersikap profesional dalam melaksanakan tugasnya. Guru yang profesional adalah guru yang memiliki kompetensi dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan maksimal. Sikap profesionalisme guru bisa dibentuk oleh banyak faktor antara lain kemampuan akademik motivasi kerja minat menjadi guru dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan akademik motivasi kerja minat menjadi guru dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh guru yang mengajar di MAN 3 Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan menggunakan angket. Hasil dari penelitian diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya kemudian dianalisis. Analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda yang sebelumnya telah diuji yaitu uji normalitas uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas. Berdasarkan nilai nilai t hitung (4 858) t tabel (1 684) dengan tingkat signifikan 0 000 0 05 dapat disimpulkan bahwa secara parsial kemampuan akademik berpengaruh secara signifikan terhadap profesionalisme guru. Berdasarkan nilai t hitung didapat sebesar 2 103 lebih besar dari t tabel sebesar 1 684. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa tinggi rendahnya nilai motivasi kerja dapat mempengaruhi profesionalisme guru di MAN 3 Malang. Berdasarkan nilai t hitung sebesar 2 219 lebih besar dari t tabel sebesar 1 684. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara minat menjadi guru dengan profesionalisme guru di MAN 3 Malang. Berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0 024 dimana lebih kecil dari taraf nyata 0 05 maka hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalisme guru di MAN 3 Malang. Hasil uji F pada penelitian ini didapatkan F hitung sebesar 29 880 lebih besar dari F tabel sebesar 3 320 dengan tingkat signifikansi sebesar 0 000 sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan akademik motivasi kerja minat menjadi guru dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara simultan(bersama-sama) terhadap profesionalisme guru di MAN 3 Malang. Dari keempat variabel bebas kemampuan akademik mempunyai sumbangan relatif tinggi (18 34%) dibandingkan dengan motivasi kerja(10 30%) minat menjadi guru(16 36%) dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah (7 12%). Hal ini menunjukkan bahwa peranan kemampuan akademik terhadap profesionalisme guru lebih dominan dibandingkan motivasi kerja minat menjadi guru dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan (1) peningkatan kualitas profesionalisme guru terus ditingkatkan dan (2) Diharapkan kepada peneliti lain agar meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru selain kemampuan akademik motivasi kerja minat menjadi guru dan perilaku kepemimpinan kepala sekolah seperti intelegensi bakat teknik supervisi pelatihan guru dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34192

Actions (login required)

View Item View Item