Zulaikah, Tatik (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model TAI (Team Assisted Individualization) sebagai upaya peningkatan kemandirian belajar akuntansi siswa kelas XII IS 2 SMA Negeri 3 Blitar / Tatik Zulaikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zulaikah Tatik. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TAI (Team Assisted Individualization) Sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IS 2 SMA Negeri 3 Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sawitri Dwi Prastiti SE. Msi. AK. (2) Dr. Bambang Sugeng MA. MM. Ak Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Model TAI Kemandirian Belajar Pemilihan metode pembelajaran sebagai variasi dalam pengajaran sangat berpengaruh terhadap hasil pembelajaran untuk mencapai kualitas pengajaran yang tinggi setiap mata pelajaran khususnya akuntansi harus digabungkan dengan penggunaan metode pembelajaran yang tepat pula. Berdasarkan hasil diketahui bahwa metode pembelajaran yang diterapkan di SMA Negeri 3 Blitar adalah pembelajaran dengan metode ceramah. Dengan metode seperti itu dapat menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang mandiri dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah kemandirian belajar siswa kelas XII IS 2 SMA Negeri 3 Blitar Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS 2. Data yang diambil adalah data kemandirian belajar siswa yang diperoleh melalui lembar observasi unjuk kerja kelompok dan unjuk kerja individu. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Waktu penelitian ini berlangsung pada bulan Nopember 2008. Hasil penelitian pada siklus I dari pembelajaran model TAI yang diamati yaitu kemandirian siswa yang diukur dengan unjuk kerja kelompok dan unjuk kerja individu siswa serta nilai pembelajaran selama proses pembelajaran menunjukkan kriteria kurang mandiri mandiri sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas siswa baik unjuk kerja kerja individu maupun unjuk kerja individu hingga mencapai kriteria sangat mandiri Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TAI dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XII IS 2 SMA Negeri 3 Blitar. Oleh karena itu disarankan bagi guru bidang studi akuntansi untuk menggunakan model pembelajaran TAI sebagai alternatif dalam pembelajaran. Keterbatasan penulisan dalam skripsi ini adalah jangka waktu yang terlalu lama antara observasi awal dengan pelaksanaan penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Feb 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34191 |
Actions (login required)
View Item |