Pengaruh intellegent quotient (IQ), emotional quotient (EQ), dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI dan XII ilmu sosial SMA Negeri 4 Malang / Yuni Hastiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh intellegent quotient (IQ), emotional quotient (EQ), dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI dan XII ilmu sosial SMA Negeri 4 Malang / Yuni Hastiningsih

Hastiningsih, Yuni (2010) Pengaruh intellegent quotient (IQ), emotional quotient (EQ), dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI dan XII ilmu sosial SMA Negeri 4 Malang / Yuni Hastiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

158 ABSTRAK Hastiningsih Yuni. 2010. Pengaruh Intellegent Quotient (IQ) Emotinal Quotient (EQ) dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI dan XII IS SMA Negeri 4 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ika Putri Larasati S.E M Com (II) Diana Tien Irafahmi S.Pd M.Ed Kata kunci Intellegent Quotient (IQ) Emotinal Quotient (EQ) Motivasi Belajar Prestasi Belajar. Pendidikan merupakan salah satu faktor yang menentukan kualitas kehidupan suatu bangsa. Oleh karena itu bidang pendidikan termasuk hal yang sangat diperhatikan di Indonesia. Melalui kegiatan belajar mengajar di sekolah siswa yang merupakan generasi penerus bangsa diharapkan dapat meraih prestasi sebaik mungkin sesuai dengan kemampuan intelektualnya. Saat ini pendidikan tidak hanya bertujuan mengembangkan satu potensi yang dimiliki siswa namun telah meluas ke arah pengembangan berbagai potensi diri siswa. Salah satunya adalah pengembangan emosional dan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam belajar. Intellegent Quotient (IQ) adalah kemampuan untuk bertindak secara terarah berfikir secara rasional dan mampu menghadapi lingkungan secara efektif. Emotional Quotient (EQ) adalah himpunan bagian dari kecerdasan sosial yang melibatkan kemampuan memantau perasaan dan emosi baik pada diri sendiri maupun pada orang lain. Sedangkan motivasi belajar merupakan faktor yang sangat penting dalam menetukan prestasi belajar siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Intellegent Quotient (IQ) Emotional Quotient (EQ) dan motivasi belajar baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI dan XII Ilmu Sosial SMA Negeri 4 Malang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 144 siswa dengan jumlah sampel sebesar 60 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel Intellegent Quotient (X1) Emotional Quotient (X2) dan motivasi belajar (X3) mempunyai nilai thitung masing-masing (9 269 6 659 7 660 ) dan ttabel 2 002 sehingga thitung ttabel. Sedangkan nilai Fhitung sebesar 59 646 dengan tingkat signifikansi sebesar 0 000 lebih kecil dari nilai i 945 0 05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Intellegent Quotient (X1) Emotional Quotient (X2) dan motivasi belajar (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa (Y) baik secara parsial maupun simultan. Saran yang dapat direkomendasikan adalah (1) bahwa proses belajar di sekolah diharapkan mampu mengembangkan potensi intelektual dan emosional siswa (2) diharapkan guru mampu menjadi motivator bagi siswa sehingga siswa memiliki rasa percaya diri akan kemampuannya (3) bagi penulis lain hendaknya lebih memperluas atau memperbesar sampel dan tempat penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34189

Actions (login required)

View Item View Item