Analisis penerapan sistem jalan satu arah pada lingkar Universitas Brawijaya (UB) Kota Malang / Agung Prayitno</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penerapan sistem jalan satu arah pada lingkar Universitas Brawijaya (UB) Kota Malang / Agung Prayitno</p>

Prayitno, Agung (2019) Analisis penerapan sistem jalan satu arah pada lingkar Universitas Brawijaya (UB) Kota Malang / Agung Prayitno</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASANPrayitno Agung. 2019. Analisis Penerapan Sistem Jalan Satu Arah packi Lingkar Universitas Brawijaya (UB) Kota Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Bambang Supriyanto S.T. M.T. (II) Drs Boedi Rahardjo M.Pd. M.T.Kata Kunci jalan satu arah lingkar UB Kota MalangTingkat kemacetan yang terjadi pada ruas jalan lingkar Universitas Brawijaya (UB) yang meliputi Jalan Sumbersari Jalan Gajayana Jalan MT. Haryono clan Jalan Mayjen Panjaitan yang disebabkan oleh volume kendaraan hambatan samping dan kondisi geometrik jalan dapat mengurangi kapasitas dan menurunnya tingkat pelayanan jalan. Untuk itu perlu dilakukan upaya menganalisis dan mencari solusi yang diperlukan agar dampak yang terjadi dapat diminimalisir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kapasitas dan tingkat pelayanan jalan pada kondisi eksisting (jalan dua arah) dan kondisi jalan satu arah.Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui survei meliputi volume kendaraan pada ruas jalan volume kendaraan pada simpang hambatan samping dan kondisi geometrik jalan yang dilaksanakan pada Minggu 7 Juli 2019 Selasa 9 Juli 2019 dan Kamis 11 Juli 2019 pada pukul 06.00 - 09.00 pagi pukul 11.00 - 14.00 siang dan pukul 16.00 - 19.00 sore pada ruas jalan lingkar Universitas Brawijaya (UB). Setelah itu dilakukan analisis data dengan menggunakan program Microsoft Excel.Hasil penelitian ini menunjukkan pada kondisi eksisting (jalan dua arah) kapasitas pada Jalan Sumbersari 2723 smp/jam dengan tingkat pelayanan berada di kategori D dan nilai derajat kejenuhan (Ds) 0 85 kapasitas Jalan Gajayana 2758 76 smp/jam dengan tingkat pelayanan berada di kategori C dan nilai DS 0 77 kapasitas Jalan MT. Haryono 4368 smp/jam dengan tingkat pelayanan berada di kategori D dan nilai Ds 0 81 sedangkan kapasitas pada Jalan Mayjen Panjaitan 3214 75 smp/jam dengan tingkat pelayanan berada dikategori C dan nilai Ds 0 75.Setelah dilakukan analisis pada kondisi jalan satu arah kapasitas Jalan Sumbersari 3080 25 smp/jam dengan tingkat pelayanan dari kategori D menjadi kategori B dan nilai derajat kejenuhan (Ds) dari 0 85 menjadi 0 41 kapasitas Jalan Gajayana 3131 79 smp/jam dengan tingkat pelayanan dari kategori C menjadi kategori B dan nilai Ds dari 0 77 menjadi 0 47 untuk kapasitas Jalan MT. Haryono 4857 60 smp/jam dengan tingkat pelayanan dari kategori D menjadi kategori B dan nilai Ds dari 0 81 menjadi 0 53 sedangkan kapasitas pada Jalan Mayjen Panjaitan 3465 63 smp/jam dengan tingkat pelayanan tetap pada kategori C hanya nilai Ds yang berubah dari 0 75 menjadi 0 56.Dengan demikian kondisi jalan satu arah dapat meningkatkan kapasitas jalan yang berpengaruh terhadap menurunnya nilai derajat kejenuhan (DS) dan meningkatnya tingkat pelayanan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kondisi jalan satu arah dapat memperlancar arus kendaraan dan dapat menjadi solusi dari kemacetan lalu lintas pada ruas jalan lingkar Universitas Brawijaya (UB).SUMMARYPrayitno Agung. 2019. Analysis of The One-Way Road Implementation System inThe Circle on Brawijaya University (UB) Malang City. Thesis Civil Engineering Department Faculty of Engineering State University of Malang. Advisor (I) Drs. H. Bambang Supriyanto S.T. M.T. (II) Drs. Boedi Rahardjo M.Pd. M.T.Keywords one-way street UB circle Malang CityThe level of congestion that occurs on the ring road on Brawijaya University (UB) which includes Sumbersari Street Gajayana Street MT. Haryono Street and Mayjen Panjaitan Street caused by the volume of vehicles side obstacles and geometric conditions of the road which can reduce the capacity and decrease the level of road services it is necessary to make efforts to analyze and find solutions needed so that the impact can be minimized. The purpose of this study is to determine the capacity and level of road services in existing conditions (two-way roads) and one-way road conditions.This research was conducted in a quantitative descriptive manner. Data collection techniques in this study were carried out through surveys including the volume of vehicles on roads the volume of vehicles at intersections side constraints and geometric conditions of the road which were carried out on Sundays Tuesdays and Thursdays at 06.00-09.00 a.m. 11.00 a.m.-2.00 p.m. and at 4.00-7.00 p.m. on the UB ring road. After that the data is analyzed using the Microsoft Excel program.The results of this study indicate that the existing conditions (two-way road) the capacity on Sumbersari Street 2723 pcu/h our with service level is in category D and the value of degree of saturation (Ds) of 0.85 the capacity of Gajayana Street 2758 76 pcu / hour with level services are in category C and a DS value of 0.77 the capacity of MT. Haryono Street 4368 pcu/hour with service level is in the D category and Ds value is 0.81 while the capacity on Mayjen Panjaitan Street is 3214.75 pcu/hour with the service level in category C and a Ds value of 0.75.After that an analysis on the condition of one-way roads the capacity of Jalan Sumbersari 3080.25 pcu / hour with the level of service from category D to category B and the degree of saturation (Ds) from 0.85 to 0.41 capacity of Gajayana Street 3131.79 pcu/hour with the level of service from category C to category B and the value of Ds from 0.77 to 0.47 for the capacity of the MT.Haryono Street 4857.60 pcu/hour with the level of service from category D to category B and the value of Ds from 0.81 to 0.53 while the capacity on Mayjen Panjaitan Street 3465.63 pcu/hour with the level of service fixed in category C only the value The Ds changed from 0.75 to 0.56.Thus the condition of one-way streets can increase the capacity of roads that affect the decreasing value of the degree of saturation (DS) and increasing service levels. It can be concluded that the condition of one-way roads can smoothen the flow of vehicles and can be a solution to traffic congestion on the ring road on Brawijaya University(UB).

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/341841

Actions (login required)

View Item View Item