Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap fasilitas belajar dan dampaknya terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen (Studi pada siswa kelas 2 dan 3 jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen) / Akhmad Suyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap fasilitas belajar dan dampaknya terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen (Studi pada siswa kelas 2 dan 3 jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen) / Akhmad Suyono

Suyono, Akhmad (2010) Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap fasilitas belajar dan dampaknya terhadap prestasi belajar siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen (Studi pada siswa kelas 2 dan 3 jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Turen) / Akhmad Suyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suyono Akhmad 2008. Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Fasilitas Belajar dan Dampaknya terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri I Turen. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi SI Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sugeng Bambang Drs. S.E. M.A. M.M. Ak. (II) Sudarto Triadi Agung S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Fasilitas Belajar Siswa dan Prestasi Belajar. Ada dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu faktor endogen seperti fasilitas belajar siswa dan eksogen seperti latar belakang sosial ekonomi orang tu siswa. Fasilitas belajar adalah sarana yang menunjang dalam proses belajar siswa fasilitas yang dimaksud adalah yang disediakan oleh orang tua siswa di rumah. Diantaranya adalah kepustakaan alat belajar dan tempat belajar. Latar belakang sosial ekonomi orang tua dipengaruhi oleh tingkat pendidikan orang tua jenis pekerjaan tingkat pendapatan dan jumlah tanggungan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh langsung antara latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap fasilitas belajar siswa jurusan Akuntansi SMK Negeri I Turen (2) pengaruh langsung antara fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa jurusan Akuntansi SMK Negeri I Turen (3) pengaruh langsung antara latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa jurusan Akuntansi SMK Negeri I Turen (4) pengaruh tidak langsung antara latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa jurusan Akuntansi SMK Negeri I Turen melalui fasilitas belajar. Penelitian ini menggunakan instrument berupa kuesioner yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis jalur (path analisis). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 dan 3 SMK Negeri I Turen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proporsional random sampling. Jumlah populasi sebesar 167 siswa sedangkan sampelnya adalah sebesar 100 siswa Berdasarkan hasil analisis data menyatakan bahwa pengaruh langsung latar belakang sosial ekonomi orang tua siswa terhadap fasilitas belajar siswa dapat diterima. Karna mampunyai mempunyai thitung 5 963 ttabel 1 984. Sedangkan koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0 266 dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 516. pengaruh langsung antara fasilitas belajar siswa terhadap prestasi siswa dapat diterima. Karena mempunyai thitung 3 354 ttabel 1 984. Sedangkan koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0 103 dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 321. pengaruh langsung latar belakang sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar siswa dapat diterima.karena mempunyai thitung 3 473 ttabel 1 984. Sedangkan koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0 108 dengan nilai koefisien beta terstandarisasi sebesar 0 328. Hasil dari koefisien beta terstandarisasi pengaruh tidak langsung latar belakang sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi melalui fasilitas belajar siswa sebasar 0 166 ini lebih kecil jika dibandingkan pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa yang memiliki nilai sebesar 0 328 sedangkan total nilai koefisien beta tersatansarisasi sebesar 0 494 ini menunjukkan terdapat pengaruh tidak langsung yang cukup rendah antara latar belakang sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar melalui fasilitas belajar siswa. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34184

Actions (login required)

View Item View Item