Perbedaan prestasi belajar akuntansi antara siswa jalur PMDK dengan siswa jalur NUN di kelas XI IPS SMAN 1 Puri Mojokerto tahun pelajaran 2007/2008 / Ulfa Hayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar akuntansi antara siswa jalur PMDK dengan siswa jalur NUN di kelas XI IPS SMAN 1 Puri Mojokerto tahun pelajaran 2007/2008 / Ulfa Hayati

Hayati, Ulfa (2010) Perbedaan prestasi belajar akuntansi antara siswa jalur PMDK dengan siswa jalur NUN di kelas XI IPS SMAN 1 Puri Mojokerto tahun pelajaran 2007/2008 / Ulfa Hayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Selama ini mutu pendidikan di Indonesia kurang memuaskan berbagai pihak sehingga diperlukan upaya peningkatan mutu pendidikan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pemberian otonomi kepada sekolah untuk melaksanakan manajemen berbasis sekolah (MBS). Dengan MBS pihak sekolah mempunyai wewenang untuk menyelesaikan masalah di sekolahnya termasuk masalah penerimaan siswa baru. Saat ini nilai UAN tidak lagi dijadikan satu-satunya standar dalam seleksi penerimaan siswa baru. Sistem seleksi lain yang dilaksanakan sekolah adalah jalur PMDK. Jalur PMDK merupakan sistem seleksi siswa baru yang didasarkan pada kriteria nilai rapor calon siswa mulai semester 1 sampai 5 saat SLTP menunjukkan grafik yang naik atau stabil termasuk peringkat 10 besar di kelas dan atau calon siswa dengan prestasi khusus misalnya calon siswa menjuarai lomba bidang studi prestasi bidang musik olahraga dan teknologi minimal tingkat kabupaten atau kota. Penerimaan siswa baru jalur NUN dilaksanan lebirh dahulu dari pada jalur PMDK. Cara seleksi tersebut menimbulkan dugaan adanya perbedaan prestasi belajar akuntansi antara siswa jalur PMDK dan jalur NUN. Proses belajar mengajar mungkin berbeda antara siswa jalur PMDK dan jalur NUN. Karena alasan itulah peneliti akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menerapkan pembelajaran yang sama pada siswa jalur PMDK dan jalur NUN. Metode pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif numbered heads together. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-experimental one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN I Puri Mojokerto tahun pelajaran 2007/2008. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan pertimbangan memilih kelas PMDK dan NUN yang diajar guru yang sama. Dengan pertimbangan tersebut peneliti memilih kelas XI IPS1 dan XI IPS2. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi data siswa jalur PMDK dan NUN serta teknik tes prestasi belajar akuntansi. Analisis data dilakukan dengan uji-t Dengan menerapkan pembelajaran kooperatif numbered heads together kemampuan awal siswa jalur PMDK mengalami peningkatan dari 73 85 menjadi 78 18. Siswa jalur NUN mengalami peningkatan dari 74 15 menjadi 83 33. Dari hasil pengujian hipotesis didapat nilai probabilitas t sebesar 0 00356. Nilai tersebut menunjukkan prestasi belajar akuntansi siswa jalur NUN lebih baik dari pada siswa jalur PMDK. Rata-rata prestasi belajar akuntansi siswa jalur PMDK sebesar 78 18 dan siswa jalur NUN sebesar 83 33.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34183

Actions (login required)

View Item View Item