Manajemen pembelajaran pendidikan sistem ganda siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Malang / Ni' Matul Masruroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pembelajaran pendidikan sistem ganda siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Malang / Ni' Matul Masruroh

Masruroh, Ni' Matul (2011) Manajemen pembelajaran pendidikan sistem ganda siswa kelas XI di SMK Negeri 4 Malang / Ni' Matul Masruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci manajemen pembelajaran pendidikan sistem ganda Pendidikan sistem ganda merupakan kegiatan pembelajaran yang seimbang antara teori di sekolah dengan ketrampilan yang dibutuhkan di dunia usaha dan dunia industri. Pelaksanaan pembelajaran PSG di SMK Negeri 4 Malang dilaksanakan selama 1 tahun di semester 4 dan 5 siswa kelas XI dituntut untuk melaksanakan pembelajaran kemampuan adaptif dan normatif secara bersamaan. Penempatan PSG di SMK Negeri 4 Malang di Indonesia dan Luar negeri. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan pembahasan mengenai manajemen pembelajaran PSG. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan manajemen pembelajaran keahlian produktif siswa kelas XI saat berada di DU/DI dan manajemen pembelajaran kemampuan adaptif dan normatif siswa kelas XI saat berada di DU/DI. Kegiatan tersebut meliputi kegiatan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif studi kasus. Data penelitian berupa paparan manajemen pembelajaran keahlian produktif pendidikan sistem ganda siswa kelas XI di DU/DI dan manajemen pembelajaran kemampuan adaptif dan normatif siswa kelas XI di DU/DI yang diperoleh dari hasil wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu berupa instrument kunci yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data mulai dari mereduksi data display data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua kesimpulan sebagai berikut pertama masalah manajemen pembelajaran keahlian produktif pendidikan sistem ganda siswa kelas XI di DU/DI yang meliputi kegiatan perencanaan yaitu penetapan tujuan PSG model pihak yang terlibat penetapan jumlah siswa calon PSG dan perencanaan program PSG meliputi pendataan tempat PSG kontak langsung dengan DU/DI pembekalan pertemuan wali murid penandatangan surat perjanjian pengiriman kurir ke DU/DI. Kegiatan pelaksanaan meliputi pengiriman peserta PSG ke DU/DI siswa melaksanakan kegiatan PSG dengan dimonitoring oleh pembimbing setelah masa PSG usai siswa ditarik kembali ke sekolah. Selanjutnya kegiatan evaluasi meliputi penilaian siswa oleh pembimbing DU/DI sesuai dengan indikator yang telah ditentukan oleh pihak DU/DI hasil evaluasi dikirim ke sekolah melalui humas diperiksa oleh kurikulum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3418

Actions (login required)

View Item View Item