Pengaruh pembelajaran beracuan konstruktivis terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap pada mata pelajaran akuntansi perbankan bagi siswa kelas XI jurusan akuntansi SMK PGRI 6 Malang / Siti Nikmatul Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran beracuan konstruktivis terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap pada mata pelajaran akuntansi perbankan bagi siswa kelas XI jurusan akuntansi SMK PGRI 6 Malang / Siti Nikmatul Fitriani

Fitriani, Siti Nikmatul (2010) Pengaruh pembelajaran beracuan konstruktivis terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap pada mata pelajaran akuntansi perbankan bagi siswa kelas XI jurusan akuntansi SMK PGRI 6 Malang / Siti Nikmatul Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriani Siti Nikmatul. 2008. Pengaruh Pembelajaran Beracuan Konstruktivis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Bagi Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK PGRI 6 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed (II) Sawitri Dwi Prastiti S.E M.Si Ak. Kata kunci Pembelajaran beracuan konstruktivis kemampuan pemecahan masalah sikap Pembelajaran akuntansi di sekolah pada umumnya belum banyak diarahkan agar siswa aktif selama proses belajar berlangsung tetapi guru lebih banyak menyampaikan materi kepada siswa dan kurang memberi kesempatan agar siswa aktif untuk menemukan dan memahami konsep-konsep serta berusaha memecahkan masalah. Pembelajaran konstruktivis merupakan salah satu pembelajaran yang memfokuskan pada keterlibatan siswa secara aktif selama proses pembelajaran berlangsung (student centered learning). Melalui pembelajaran seperti ini siswa dibiasakan untuk menemukan konsep dan memecahkan masalah agar lebih memahami materi sehingga kebiasaan siswa yang cenderung hanya menghafal dapat dikurangi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa yang menggunakan pembelajaran beracuan konstruktivis (2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (3) menjelaskan perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa yang menggunakan pembelajaran beracuan konstruktivis dan pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan akuntansi di SMK PGRI 6 Malang sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XI jurusan akuntansi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan ditetapkan kelas XI Ak 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Ak 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mean gain score kelas eksperimen (51 3056) lebih tinggi dari mean gain score kelas kontrol (45 6757). Demikian juga dengan mean angket sikap siswa kelas eksperimen (103 1111) yang lebih tinggi dari mean angket sikap kelas kontrol (97 9730). Hasil persentase juga menunjukkan bahwa persentase sikap positif kelas eksperimen (77 8%) lebih tinggi dari persentase sikap positif kelas kontrol (64 9%) sedangkan persentase sikap negatif kelas eksperimen (22 2%) lebih rendah dari persentase sikap negatif kelas kontrol (35 1%). Hasil uji t data gain score menunjukkan nilai sig (0 031) 0 05 dan nilai thitung (2 205) ttabel (1 994) demikian juga dengan uji t data angket sikap menghasilkan nilai sig (0 002) 0 05 dan nilai thitung (3 283) ttabel (1 994). Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan (1) kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pembelajarn beracuan konstruktivis lebih tinggi sikap siswa juga menjadi lebih positif (2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional lebih rendah demikian juga dengan sikap siswa masih kurang positif (3) terdapat perbedaan yang siginifikan pada kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa yang menggunakan pembelajaran konstruktivis dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Saran yang dapat diajukan adalah sebaiknya sebelum menerapkan pembelajaran konstruktivis ini guru harus benar-benar menyesuaikan waktu yang tersedia dengan banyaknya materi yang harus disampaikan agar semua tahapan pembelajaran konstruktivis dapat dilakukan dengan baik karena pembelajaran konstruktivis ini membutuhkan waktu yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34178

Actions (login required)

View Item View Item