Peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi denagn menggunakan prinsip belajar tuntas (Mastery Learning) di SMA "Isalam" Malang / Zahrotul Millah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi denagn menggunakan prinsip belajar tuntas (Mastery Learning) di SMA "Isalam" Malang / Zahrotul Millah

Millah, Zahrotul (2010) Peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi denagn menggunakan prinsip belajar tuntas (Mastery Learning) di SMA "Isalam" Malang / Zahrotul Millah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zahrotul Millah 2008. Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi dengan Menggunakan Prinsip Belajar Tuntas (Mastery Learning) di SMA ISLAM Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) DR. Sunaryanto M. Ed Pembimbing (II) Sawitri Dwi Prastiti SE. M.Si. Ak Kata Kunci Prinsip Belajar Tuntas hasil belajar dan motivasi belajar. Keragaman cara belajar yang dimiliki oleh siswa menyebabkan waktu yang diperlukan siswa untuk menguasai materi berbeda-beda sehingga hasil belajar dan motivasi yang dihasilkan siswa berbeda-beda pula. Apabila waktu yang disediakan untuk belajar cukup dan pelayanannya tepat maka kemungkinan besar siswa mampu menuntaskan tujuan intruksional yang hendak dicapai. Untuk itulah diperlukan suatu pembelajaran yang mampu mengoptimalkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi berdasarkan prinsip belajar tuntas sehingga setiap siswa mampu memahami dan menguasai materi pelajaran yang diberikan secara tuntas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian disusun dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklus meliputi (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi dan (4) Refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah LKS angket lembar observasi dan format catatan lapangan Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Akuntansi dengan menggunakan Prinsip Belajar Tuntas dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan menunjukkan tingkat motivasi belajar siswa yang tergolong Tinggi . Pada siklus 1 nilai rata-rata siswa adalah 62 6 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar 18 siswa dan tingkat ketuntasan kelas 41 85%. Pada siklus 2 setelah dilakukan remidi nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81 35 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 43 siswa (seluruh siswa tuntas belajar) dan dengan ketuntasan kelas 100%. Dalam hal ini telah terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 18 75 dari siklus 1 dan siklus 2. Sedangkan motivasi belajar siswa secara intrinsik termasuk dalam kategori Tinggi dengan skor 2 84 dan skor untuk motivasi ekstrinsik sebesar 3 05 termasuk dalam kategori Tinggi . Rata-rata motivasi intrinsik dan ekstrinsik adalah 2 95 termasuk dalam kategori Tinggi . Beberapa saran yang dapat diberikan peneliti sehubungan dengan penelitian yang telah dilaksanakan antara lain (1) Bagi SMA ISLAM Malang diharapkan menggunakan Prinsip Belajar Tuntas baik pada mata pelajaran akuntansi maupun mata pelajaran lainnya dapat (2) Bagi guru diharapkan dapat mencari sarana yang memungkinkan bagi siswa guna pencapaian ketuntasan belajar (3) Bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan keaktifan dalam diskusi kelompok sehingga dapat saling membantu mengatasi kesulitan belajar (4) Bagi peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian lebih lanjut tentang penerapan Prinsip Belajar Tuntas pada mata pelajaran lain di tempat yang sama atau berbeda untuk mengembangkan dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34173

Actions (login required)

View Item View Item