Musdiyanti, Afidya Eriska (2019) Pelaksanaan pemanfaatan media pembelajaran di kelas ii SMK Negeri 2 Probolinggo / Afidya Eriska Musdiyanti</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Secara umum penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal dapat mempengaruhi dalam pelaksaan suatu pembelajaran. Materi pelajaran yang disampaikan dengan menggunakan media pembelajaran lebih efektif daripada pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran. Dengan media pembelajaran yang ada di sekolah diharapkan peserta didik lebih tertarik untuk mempelajari pokok bahasan yang disampaikan sehingga dapat meningkatkan keefektifan peserta didik dalam belajar serta pengalaman belajar peserta didik diharapkan bisa bertambah. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui Bagaimana ketersediaan media dalam melaksanakan pembelajaran di kelas pemanfaatan media dalam melaksanakan pembelajaran di kelas dan pengelolaan sarana dalam melaksanakan pembelajaran di kelas II SMK Negeri 2 Probolinggo Model penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus yang akan dikaji secara mendalam dan komprehensif. Penelitian yang dilakukan peneliti dengan cara mengumpulkan data melalui observasi melakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketersediaan media pembelajaran di kelas XI Desain Permodelan dan Informasi Bangunan menunjukan bahwa responden guru siswa dan penjaga lab berturut-turut menyatakan tingkat pemenuhan kebutuhan pada taraf pemenuhan sebesar 95% 86% dan 75% sehingga untuk pemenuhan kebutuhan dapat dikatakan terpenuhi. Hal ini sesuai dengan yang saya amati di lapangan. Bahwa pemanfaatan media pembelajaran di kelas XI Desain Permodelan dan Informasi Bangunan menunjukan bahwa responden guru siswa dan penjaga lab berturut-turut menyatakan tingkat pada taraf penggunaan pemanfaatan media pembelajaran secara maksimal sebesar 100% 84% dan 100 % sehingga untuk kuesioner pada penggunaan media dapat dikatakan dipergunakan secara maksimal. Hal ini sesuai dengan yang saya amati di lapangan. Bahwa pengelolaan sarana di kelas XI Desain Permodelan dan Informasi Bangunan menunjukan bahwa responden penjaga lab menyatakan tingkat pada taraf pengelolaan sarana pembelajaran sebesar 25% sehingga untuk kuesioner pemeliharaan media pembelajaran dapat dikatakan jarang perawatan. Hal ini sesuai dengan yang saya amati di lapangan dan jarang di laksanakan perawatan dikarenakan menurut saya penjaga laboratorium tidak mempunyai ketrampilan atau keahlian dalam bidang perawatan dan perbaikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/341719 |
Actions (login required)
View Item |