Sari, Desi Nur Indah (2019) Evaluasi program penilaian siswa PKL(praktik kerja lapangan) keahlian teknik bangunan SMK Negeri 1 Kediri / Desi Nur Indah Sari</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program penilaian hasil belajar siswa SMK belum terlaksana dengan baik menjadi latar belakang dilakukan penelitian ini. Bagian tak terpisahkan dalam kegiatan pembelajaran SMK adalah program penilaian siswa PKL (Praktik Kerja Lapangan) PKL merupakan program belajar bersama antara sekolah dan Dunia Usaha atau Dunia Industri yang berlangsung secara bersama dan berkesinambungan yang pelaksanaanya dilakukan di DU/DI. Program penilaian siswa PKL yang baik akan memberikan gambaran tentang kualitas pembelajaran SMK. Dikarenakan pada kurikulum 2013 penilaian dilakukan dengan lebih rinci lebih mendetail dan sarana pembelajaran yang semakin banyak menuntut guru atau instruktur industri di SMK untuk lebih bervariasi melakukan penilaian ranah sikap pengetahuan dan keterampilan siswa serta membuat berbagai macam lembar penilaian agar mempermudah instruktur industri dalam menilai siswa PKL secara lebih rinci dan objektif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengevaluasi program penilaian siswa PKL keaahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Kediri. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif evaluatif dengan menggunakan pendekatan stake (countenance) yang meliputi idikator input proses dan produk program penilaian siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Kediri yang sudah dan sedang melaksanakan program PKL di DU/DI. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner) dengan skala likert instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket yang berupa pertanyaan dan pernyataan yang wajib dijawab oleh responden dengan pilihan jawaban yang tersedia dan yang sesuai keadaan sebenarnya agar lebih mudah dalam mengumpulkan data dan mengolah data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut (1) Input Program Penilaian Siswa PKL Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Kediri dilihat dari kesiapan instruktur industri termasuk kategori baik sedangkan sarana masuk kategori kurang (2) Proses Program Penilaian Siswa PKL Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Kediri dilihat dari proses penilaian termasuk kategori baik sedangkan untuk variasi penilaian termasuk kategori cukup dan (3) Produk Proses Program Penilaian Siswa PKL Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Kediri dilihat dari kualitas penilaian PKL termasuk kategori cukup sedangkan untuk ketercapaian program penilaian termasuk kategori baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/341718 |
Actions (login required)
View Item |