Pemahaman, implementasi dan tingkat kesulitan guru Program Keahlian Akuntansi dalam penerapan KTSP di SMK Negeri 1 Malang / Diah Ayu Cholidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman, implementasi dan tingkat kesulitan guru Program Keahlian Akuntansi dalam penerapan KTSP di SMK Negeri 1 Malang / Diah Ayu Cholidah

Cholidah, Diah Ayu (2010) Pemahaman, implementasi dan tingkat kesulitan guru Program Keahlian Akuntansi dalam penerapan KTSP di SMK Negeri 1 Malang / Diah Ayu Cholidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cholidah Diah A. 2008.Pemahaman Implementasi dan Tingkat Kesulitan Guru Program Keahlian Akuntansi dalam Penerapan KTSP di SMK Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sri Pujiningsih SE M.Si Ak. Kata kunci pemahaman KTSP Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu kualitas SDM di Indonesia. Salah satu upaya untuk memperbaiki mutu pendidikan adalah dengan penyempurnaan kurikulum. Saat ini kurikulum pengganti yang telah diterapkan adalah KTSP. Berbagai kegiatan sosialisasi mengenai KTSP telah dilakukan salah satunya di SMKN 1 Malang. Dari sosialisasi tersebut pemahaman dan persepsi setiap guru dapat berbeda. Dalam hal ini dilakukan penelitian untuk mengetahui pemahaman dan persepsi guru akuntansi terhadap KTSP di SMKN 1 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui tingkat pemahaman guru akuntansi terhadap KTSP di SMKN 1 Malang 2) Mengetahui persepsi guru akuntansi terhadap KTSP di SMKN 1 Malang dan 3) Mengetahui tingkat kesulitan guru akuntansi dalam mengembangkan KTSP di SMKN 1 Malang Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah semua guru SMKN 1 Malang. Variabel yang diteliti adalah pemahaman persepsi dan kesulitan guru akuntansi dalam penerapan KTSP. Instrumen yang digunakan berupa angket. Sedangkan teknik pengukurannya berbentukRating Scale metodeLikert Scale. Instrumen yang dipakai sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan bantuan programSPSS for Windows 12. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil observasi awal diketahui 83 3% telah mengikuti pelatihan/workshop tentang KTSP dan 16 7% belum mengikuti pelatihan/workshop tentang KTSP. Berdasarkan angket yang diisi oleh responden diketahui (83 3%) responden guru akuntansi SMKN 1 Malang memiliki pemahaman yang baik terhadap konsep KTSP (75 %) responden guru akuntansi SMKN 1 Malang memiliki pemahaman yang baik terhadap konsep SNP (91 7%) dari responden guru akuntansi SMKN 1 Malang menyatakan setuju terhadap pernyataan-pernyataan tentang dalam pengembangan silabus berbasis KTSP (100%) dari responden guru akuntansi SMKN 1 Malang menyatakan setuju terhadap pernyataan- pernyataan tentang dalam pengembangan RPP berbasis KTSP atau (100%) dari responden guru akuntansi SMKN 1 Malang menyatakan setuju terhadap pernyataan-pernyataan tentang Pelaksanaan Pembelajaran dan Penilaian KTSP (58 3%) dari responden guru akuntansi SMKN 1 Malang menyatakan sulit terhadap pernyataan-pernyataan tentang dalam pengembangan silabus berbasis KTSP (58 3 %) dari responden guru akuntansi SMKN 1 Malang menyatakan sulit terhadap pernyataan-pernyataan tentang dalam pengembangan RPP berbasis KTSP dan (100 %) dari responden guru akuntansi SMKN 1 Malang menyatakan sangat mudah terhadap pernyataan-pernyataan tentang Pelaksanaan Pembelajaran dan Penilaian KTSP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34171

Actions (login required)

View Item View Item