Perbedaan prestasi belajar akuntansi antara metode jigsaw dengan metode kooperatif model struktural numbered heads together di SMK PGRI Turen Malang / Sulistyo Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar akuntansi antara metode jigsaw dengan metode kooperatif model struktural numbered heads together di SMK PGRI Turen Malang / Sulistyo Rahayu

Rahayu, Sulistyo (2008) Perbedaan prestasi belajar akuntansi antara metode jigsaw dengan metode kooperatif model struktural numbered heads together di SMK PGRI Turen Malang / Sulistyo Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Sulistyo. 2008. Perbedaan Prestasi Belajar Akuntansi Antara Metode Jigsaw Dengan metode Kooperatif Model Struktural Numbered Heads Together Di SMK PGRI Turen Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak. Pembimbing (2) Dr. Nurika Restuningdyah S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci Prestasi Belajar Akuntansi Metode Jigsaw Metode Struktural Numbered Heads Together Pendidikan merupakan hal mutlak yang harus dipenuhi dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dalam mengajar guru hendaknya lebih kreatif dalam memilih metode-metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang lebih menekankan pada keaktifan siswa adalah metode pembelajaran kooperatif dua diantaranya adalah metode jigsaw dan metode struktural model NHT (Numbered Heads Together). tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar akuntansi antara siswa yang diajar menggunakan metode jigsaw dengan siswa yang diajar menggunakan metode struktural model NHT (Numbered Heads Together) serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam menerapkan kedua metode tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen Semu (Quasi Eksperiment). Rancangan penelitian ini menggunakan pre test dan post test group design. Penelitian ini menggunakan tes awal untuk mengetahui bahwa kedua kelompok sebelum diberi perlakuan mempunyai kemampuan awal sama atau tidak jauh berbeda. Kemudian diberikan perlakuan yaitu metode jigsaw untuk kelas eksperimen dan metode Numbered Heads Together untuk kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan tes prestasi untuk mengetahui prestasi belajar setelah perlakuan. Dari hasil analisis data terbukti bahwa ada perbedaan prestasi belajar akuntansi yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan metode jigsaw dengan siswa yang diajar menggunakan metode struktural model NHT (Numbered Heads Together). Siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran jigsaw menunjukkan prestasi belajar yang lebih tinggi dari pada siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran struktural NHT (Numbered Heads Together). Hal tersebut dibuktikan dari rata-rata peningkatan prestasi belajar untuk kelas jigsaw sebesar 14 64 sedangkan untuk kelas NHT lebih rendah yaitu sebesar 13 69. Saran yang diajukan adalah (1) Bagi guru akuntansi dianjurkan menggunakan metode pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan prestasibelajar siswa. (2) Siswa diharapkan mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya sebelum pelaksanaan kegiatan belajar di kelas. (3) Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian semacam ini dengan menambah aspek afektif dan psikomotorik untuk mengukur prestasi belajar siswa setelah perlakuan. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34170

Actions (login required)

View Item View Item