Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Malang / Teresia Juwita Indria Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Malang / Teresia Juwita Indria Sari

Sari, Teresia Juwita Indria (2009) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Malang / Teresia Juwita Indria Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan pendidikan dewasa ini banyak mengalami perubahan baik dalam ilmu pengetahuan maupun teknologi. Perubahan ini ditujukan pada proses peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas demi memenuhi tuntutan zaman yang semakin berkembang. Pendidikan dalam lingkup nasional diatur dalam UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa serta dalam TAP MPR No. IV/MPR/ 1999 tentang GBHN yaitu mewujudkan sistem dan iklim pendidikan nasional yang demokratis dan bermutu guna memperteguh akhlak mulia kreatif inovatif berwawasan kebangsaan cerdas sehat berdisiplin dan bertanggung jawab berketerampilan serta menguasai IPTEK dalam rangka pengembangan kualitas manusia Indonesia. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal berupaya keras dalam peningkatan mutu pendidikan dengan menyelenggarakan berbagai fasilitas yang mampu memotifasi siswa untuk lebih meningkatkan kreatifitas berfikir. Salah satu fasilitas yang disediakan oleh sekolah adalah perpustakaan. Jika perpustakaan sekolah memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai sesuai dengan perkembangan pendidikan maka dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif memanfaatkan perpustakaan. Dengan demikian siswa akan memperoleh pengetahuan yang lebih luas sehingga dapat menghasilkan prestasi belajar yang maksimal. Berdasarkan hal tersebut maka diadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa di SMK. Negeri 1 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK. Negeri 1 Malang kelas XI tahun ajaran 2006 2007 sedangkan sampel yang di diteliti adalah siswa SMK. Negeri 01 Malang kelas XI program keahlian akuntansi tahun ajaran 2006 2007 yang berjumlah 80 orang siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Angket disebarkan untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan perpustakaan oleh siswa dan dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang diperoleh dari nilai rapor atau leger. Data akan diolah dengan menggunakan SPSS 12.00 for windows. Berdasarkan analisis statistik diketahui bahwa X dan Y mempunyai hubungan linier dengan persamaan Y 6.080 0.040 X 0.656. Pengaruh pemanfaatan perpustakaan (X) terhadap prestasi belajar (Y) menunjukkan angka signifikan (0 00) (0 05) sehingga dalam hal ini koefisien regresi signifikan. Artinya variabel X mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y. Besar R square adalah 0 344 hal ini berarti 34 4% perubahan variabel Y disebabkan oleh perubahan variabel X sedangkan sisanya 65 6% disebabkan oleh faktor diluar perubahan variabel X. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa siswa SMK. Negeri 1 Malang mayoritas telah aktif memanfaatkan perpustakaan sekolah. Prestasi belajar siswa berada pada tingkat baik. Dari uraian di atas maka dapat diketahui bahwa keberadaan perpustakaan memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan prestasi belajar. Dari hasil penelitian ini diharapkan pihak sekolah lebih memperbaiki fasilitas dan pelayanan perpustakaan dengan cara mengusahakan penyelenggaraan buku melalui kerjasama dengan instansi yang terkait sehingga akan memacu keinginan siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34166

Actions (login required)

View Item View Item