Analisis perbedaan prestasi dan motivasi belajar antara pembelajaran quantum teaching dengan pembelajaran konvensional pada mata diklat siklus akuntansi siswa Jurusan Akuntansi di SMK Islam Batu / Santi Apriliani Alifa Tanggamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perbedaan prestasi dan motivasi belajar antara pembelajaran quantum teaching dengan pembelajaran konvensional pada mata diklat siklus akuntansi siswa Jurusan Akuntansi di SMK Islam Batu / Santi Apriliani Alifa Tanggamasari

Tanggamasari, Santi Apriliani Alifa (2010) Analisis perbedaan prestasi dan motivasi belajar antara pembelajaran quantum teaching dengan pembelajaran konvensional pada mata diklat siklus akuntansi siswa Jurusan Akuntansi di SMK Islam Batu / Santi Apriliani Alifa Tanggamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Usaha pembaharuan sistem pembelajaran ditujukan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam proses belajar mengajar. Untuk mencapai tujuan tersebut setiap unsur dalam pembelajaran harus dilaksanakan secara beriringan. Untuk itu dalam proses pembelajaran perlu adanya interaksi antara guru dengan siswa yang lebih bersifat mempengaruhi agar siswa tersebut mau belajar. Untuk dapat mempengaruhi motivasi siswa salah satunya adalah dengan menggunakan metode yang menarik bagi siswa sehingga siswa menjadi termotivasi dan akhirnya akan meningkatkan prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara obyektif tentang apakah terdapat perbedaan prestasi dan motivasi yang signifikan antara pembelajaran quantum teaching dengan pembelajaran konvensional di SMK Islam Batu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian adalah siswa kelas 1 AK1 dan 1 AK2 SMK Islam Batu tahun ajaran 2007/2008 yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah soal tes yang berupa pilihan ganda dan angket/ kuesioner tertutup yang diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah T-Test Independent Samples dengan menggunakan taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen sebesar 73 55 lebih tinggi daripada rata rata prestasi belajar kelas kontrol sebesar 51 59. Selain itu hasil uji t independent samples menunjukkan harga t sebesar 7 279 dengan tingkat signifikansi 0 000. Dimana nilai signifikansi 0 000 lebih kecil dari 0 05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan prestasi yang signifikan antara pembelajaran quantum teaching dengan pembelajaran konvensional. Selain itu berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t diketahui bahwa rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 46 lebih tinggi daripada rata rata motivasi belajar kelas kontrol sebesar 40. Selain itu hasil uji t independent samples menunjukkan harga t sebesar 6 469 dengan tingkat signifikansi 0 000. Dimana nilai signifikansi 0 000 lebih kecil dari 0 05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan motivasi yang signifikan antara pembelajaran quantum teaching dengan pembelajaran konvensional.. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi dan motivasi yang signifikan antara pembelajaran quantum teaching dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34165

Actions (login required)

View Item View Item