Penerapan pembelajaran akuntansi dengan metode problem based learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di SMA Negeri 1 Sanden, Bantul, Yogyakarta / Angela Merici Fina Indriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran akuntansi dengan metode problem based learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di SMA Negeri 1 Sanden, Bantul, Yogyakarta / Angela Merici Fina Indriani

Indriani, Angela Merici Fina (2009) Penerapan pembelajaran akuntansi dengan metode problem based learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di SMA Negeri 1 Sanden, Bantul, Yogyakarta / Angela Merici Fina Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewasa ini dalam dunia pendidikan telah terjadi perubahan paradigma pembelajaran dari teacher centered ke student centered sehingga peranan guru juga beralih dari satu-satunya sumber ilmu di kelas menjadi fasilitator bagi siswa. Kenyataannya kondisi yang diharapkan tersebut masih belum bisa terwujud. Proses pembelajaran yang selama ini digunakan masih bersifat konvensional dengan menggunakan metode pembelajaran ceramah sehingga siswa menjadi cepat bosan terhadap kegiatan belajar-mengajar yang menyebabkan aktivitas belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan metode pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMA Negeri I Sanden Bantul Yogyakarta. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 41 orang yang terdiri dari 14 siswa dan 27 siswi. Penelitian dilaksanakan mulai 30 April 2008 s.d 21 Mei 2008. Analisis data yang digunakan meliputi tiga tahap yaitu mereduksi data menyajikan data serta menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (a) penelitian dilakukan dalam lima tahap pembelajaran sesuai sintaks pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dengan membagi siswa menjadi delapan kelompok yang heterogen berdasarkan nilai ulangan harian sebelumnya (b) selama penerapan pembelajaran dengan metode pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa selain hal tersebut rata-rata nilai ulangan siswa XI IPS 2 juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan permasalahan yang 100% nyata tanpa adanya campur tangan peneliti dan diharapkan guru dapat mengorganisir waktu dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Penelitian dengan tema yang sama dan subyek penelitian yang berbeda sangat memungkinkan dilakukan sebagai upaya mendukung inovasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34162

Actions (login required)

View Item View Item