Pengaruh tata letak dan fasilitas perpustakaan terhadap motivasi belajar siswa ke perpustakaan di SMA Negeri 1 Kepanjen / Candra Dwi Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tata letak dan fasilitas perpustakaan terhadap motivasi belajar siswa ke perpustakaan di SMA Negeri 1 Kepanjen / Candra Dwi Pratiwi

Pratiwi, Candra Dwi (2010) Pengaruh tata letak dan fasilitas perpustakaan terhadap motivasi belajar siswa ke perpustakaan di SMA Negeri 1 Kepanjen / Candra Dwi Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan bagian integral dari proses pendidikan dimana perpustakaan sekolah menyediakan jasa pembelajaran buku dan sumber daya yang memungkinkan semua anggota komunitas sekolah menjadi pemikir kritis dan pengguna informasi yang efektif dalam berbagai format dan media. Keberadaan perpustakaan sekolah memiliki arti penting bagi strategi jangka panjang pengembangan pendidikan penyediaan informasi ekonomi serta sosial budaya sehingga memerlukan suatu bentuk tanggung jawab dari pihak sekolah untuk memberikan kebijakan khusus dalam pengelolaan perpustakaan. Salah satunya adalah dengan cara menyediakan tata letak yang baik dan fasilitas yang berkualitas sehingga dapat menunjang motivasi belajar siswa ke perpustakaan. Pemenuhan kebutuhan tersebut diharapkan dapat mempertahankan tujuan khas dan fungsi perpustakaan sekolah yang diantaranya berperan sebagai pusat kegiatan belajar pusat penelitian sederhana dan pusat membaca guna menambah ilmu pengetahuan dan rekreasi Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan atau explanatory research. Analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda. Variabel dalam penelitian ini meliputi tata letak perpustakaan (X1) fasilitas perpustakaan (X2) dan motivasi belajar siswa ke perpustakaan (Y). Sampel penelitian ini terdiri dari 86 siswa dari kelas X dan XI tahun ajaran 2007/2008 di SMA Negeri 1 Kepanjen. Rancangan pengambilan sampelnya menggunakan rancangan sampel non probabilitas yang menggunakan tehnik Proportional Sampling dan teknik pengumpulan datanya adalah angket dan dokumentasi. Dari hasil analisis diketahui bahwa ada pengaruh signifikan dari tata letak perpustakaan terhadap motivasi belajar siswa ke perpustakaan ada pengaruh signifikan dari fasilitas perpustakaan terhadap motivasi belajar siswa ke perpustakaan dan ada pengaruh simultan dari tata letak dan fasilitas perpustakaan terhadap motivasi belajar siswa ke perpustakaan. Selain itu dari hasil penelitian ini juga diperoleh data bahwa perubahan motivasi belajar siswa ke perpustakaan yang ditimbulkan oleh tata letak dan fasilitas perpustakaan secara simultan sebesar 50 3% dimana sisanya sebesar 49 7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diajukan kepada pembaca yang berminat untuk meneliti kasus yang sejenis sebaiknya menggunakan penelitian sampel dengan wilayah sampel yang lebih luas. Dan nantinya penelitian tersebut dapat dilakukan pada beberapa sekolah sehingga hasil penelitian dapat lebih handal untuk lebih luas lagi dalam meneliti pengaruh tata letak dan fasilitas perpustaakaan terhadap motivasi belajar siswa ke perpustakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34159

Actions (login required)

View Item View Item