Pengaruh intensitas bimbingan belajar dan persepsi siswa tentang kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri I Durenan Trenggalek / Mahbub Afandi

Afandi, Mahbub (2010) Pengaruh intensitas bimbingan belajar dan persepsi siswa tentang kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri I Durenan Trenggalek / Mahbub Afandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afandi, Mahbub. 2008. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Intensitas Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri I Durenan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Sutatmi, M.Pd. M.Si. Ak, Pembimbing (2) Sripujiningsih, S.E. M.Si Kata kunci: Kondisi Sosial Ekonomi, Bimbingan Belajar, Prestasi Belajar Keberhasilan pembelajaran yang ditunjukkan dengan meningkatnya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas bimbingan belajar. Kondisi sosial ekonomi tinggi mempengaruhi mental dan ketersediaan waktu belajar siswa, yang pada akhirnya berpengaruh terhadap prestasi siswa. Sementara intensitas bimbingan belajar mempengaruhi prestasi belajar melalui peningkatan pemahaman dan pengetahuan siswa terhadap materi pelajarannya. Untuk mengetahui besarnya pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas bimbingan belajar terhadap prestasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Durenan, maka penelitian ini dilakukan. Dalam penelitian ini digunakan teknik analisis regresi berganda, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel penelitian baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi terhadap 80 siswa dengan metode pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa kondisi sosial ekonomi memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai β sebesar 0.548 dan probabilitas 0.000. Selanjtnya intensitas bimbingan belajar juga memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar dimana diperoleh nilai β sebesar 0.221 dan probabilitas 0.016. Kemudian secara simultan kondisi sosial ekonomi dan intensitas bimbingan belajar memiliki pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar. Hal tersebut terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai R square sebesar 0.399 sehingga dapat disimpulkan bahwa 39 % prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas bimbingan belajar secara simultan. Dari perhitungan sumbangan efektif secara parsial diketahui kondisi sosial ekonomi orang tua merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, yakni 32,55%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa kondisi sosial ekonomi orang tua dan intensitas bimbingan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi siswa sebesar 39%. Dengan demikian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa disarankan sekolah untuk lebih meningkatkan bimbingan belajar terhadap siswanya. Daftar Nilai Bidang Studi Akuntansi Kelas : XI _ S1 Semester/ Tahun pelajaran : GASAL / 2007-2008 No Absen Nama Siswa Nilai 1 Abdul Malik Indro 66 2 Andika Samna 70 3 Andrian Vikiarya 68 4 Ian Ardi Kusuma 69 5 Imelda Weni 68 6 Moh.Jafar Siddiq 70 7 Nidaum Magfud 66 8 Acmad Munif 68 9 Anna Rosalina 72 10 Bibit Sulatriani 72 11 Ismi Nurlaili 71 12 Suci Retnawati 70 13 Acik Novita Ayu 70 14 Andika Yulistiono 68 15 Eko Wahyudiono 70 16 Muh.Muklisul 69 17 Pepen Riyadi 69 18 Risma Rahmawati 71 19 Edditias Indar 75 20 Feri Eko Saputro 69 21 Galuh Adityawan 75 22 Hadi Prawira 61 23 Lilis Anawati 72 24 Niken Pujianingsih 75 25 Dafid Prasetyo 69 26 Darlinawati 75 27 Hanik Anjarwati 73 28 Dwi Indarwati 72 29 Edi Setyawan 72 30 Neti Chivayaturroh 83 31 Niki Ardiana 76 32 Santi Yulaika 75 33 Sisca Aprilia 56 34 Uswatun Khasanah 80 35 Yunita Dewi 68 36 Andre Handoko 74 37 Kukuh Yulianto 74 38 Peti Meliasari 77 39 Purwaningsih 74 40 Wahyuningsih 70 Rata-rata 71.05 Daftar Nilai Bidang Studi Akuntansi Kelas : XI _ S2 Semester/ Tahun pelajaran : GASAL / 2007-2008 No Absen Nama Siswa Nilai 1 Ahmad Husaini 82 2 Andan Yekti Purwanu 78 3 Heri Nuryunianto 76 4 Laili Niha 77 5 Aditya Edi Handoko 79 6 David Candra 80 7 Debi Setyawan 79 8 Dheni Dwi Kriswanto 85 9 Ervan Ari Saputra 78 10 Ida Ernawati 73 11 Lailatul Faristin 75 12 Yeni Oktavianasari 60 13 Deta Eka Larasati 80 14 Edi Santoso 81 15 Fachru Rozi 78 16 Nanang Purnawan 78 17 Nasrul Fajar 79 18 Wiji Heri Santoso 83 19 Aditya Pradana 79 20 Anik Mariastuti 80 21 Defia Wulansari 77 22 Dwi Lestari 78 23 Atik Sulistiani 80 24 Azis Sutomo 80 25 Risma Mualimatun niÔÇÖmah 78 26 Nunin NiÔÇÖmah 79 27 Sectio Febilud Fiana 80 28 Ulfi Zuniati Azizah 78 29 Devanda Ilham Kurniawan 79 30 Eni Suryani 80 31 Intan Asrining Endhinia 85 32 Muh.Abdurrohman 80 33 Okti Dwi Wulan 75 34 Wahyu Dwi Sanjaya 76 35 Indah Dwi Kartika 83 36 Wahyu Agustina 82 37 Firgo Firmawan 80 38 Ali Imron Irvan Fauzi 76 39 Budi Santoso 78 40 Herda Prima Noviana 79 Rata-rata 70.65

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34154

Actions (login required)

View Item View Item