Penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning / CTL ) dengan pemodelan untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa pada siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang / Fitria Nur Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning / CTL ) dengan pemodelan untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa pada siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang / Fitria Nur Anggraini

Anggraini, Fitria Nur (2009) Penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning / CTL ) dengan pemodelan untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa pada siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang / Fitria Nur Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh SMK PGRI 6 Malang masih belum bisa meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini bisa dilihat dari nilai mata pelajaran akuntansi siswa. Dari hasil obvservasi awal lebih dari separuh siswa mendapat nilai dibawah 7 untuk mata pelajaran akuntansi. Kesulitan belajar akuntansi yang dialami oleh siswa menyebabkan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran menjadi terhambat dan prestasi belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning / CTL) dengan pemodelan dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pembelajaran CTL dengan Pemodelan dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2007/2008. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang yang berjumlah 40 orang siswa dengan menggunakan pembelajaran CTL menggunakan metode pemodelan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran CTL dengan pemodelan pada bidang studi akuntansi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada kelas X SMK PGRI 6 Malang. Hal ini dapat dilihat dari aspek kognitif siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan skor Ulangan Harian ( post tes) pada siklus I diketahui nilai rata-rata pre test dan post test yang sudah dilakukan yakni 57 65 dan 68 2. Sedangkan perhitungan menggunakan gain score diperoleh angka 0 24 yang berarti prestasi yang diperoleh siswa masih tergolong rendah. Pada siklus II aspek kognitif siswa mengalami peningkatan Skor rata-rata nilai pre test dan Ulangan harian (post test) yakni 60 dan 79. Sedangkan untuk gain skor nilai yang diperoleh yakni 0 6 dan ini berarti bahwa prestasi siswa telah mengalami peningkatan. Dalam segi aktifitas belajar di kelas diketahui pula bahwa aspek afektif dan psikomotorik siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke Siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah pembelajaran CTL dengan metode pemodelan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode dan strategi pembelajaran di samping metode-metode CTL yang lain guna mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien bagi guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34153

Actions (login required)

View Item View Item