Pengaruh intellectual intelligence (IQ), creative intelligence, dan gaya belajar terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 7 Malang / Marissa Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh intellectual intelligence (IQ), creative intelligence, dan gaya belajar terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 7 Malang / Marissa Ulfa

Ulfa, Marissa (2010) Pengaruh intellectual intelligence (IQ), creative intelligence, dan gaya belajar terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 7 Malang / Marissa Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulfa Marissa. 2008. Pengaruh Intellectual Intelligence (IQ) Creative Intelligence Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) DR. Nurika Restuningdiah (II) Dra. Hj. Endang Sri Andayani SE. Ak M.Si. Ak. Kata Kunci Intellectual Intelligence (IQ) Creative Intelligence Gaya Belajar Prestasi Siswa. Tingkat intelegensi dapat diukur dari berbagai jenis intelegensi. Pada umumnya tingkat intelegensi diukur melalui Intellectual Intelligence (IQ). Aspek penting lain dari tingkat intelegensi yaitu Creative Intelligence (kecerdasan kreatif). Dari tingkat intelegensi dan kreatifitas yang dimiliki siswa maka dapat menumbuhkan gaya belajar yang berbeda antar siswa. Jika terjadi sinergi yang baik antara intellectual intelligence (IQ) creative intelligence dan gaya belajar maka prestasi yang baik mampu diraih siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara intellectual intelligence (IQ) creative intelligence dan gaya belajar terhadap prestasi siswa serta untuk mengetahui variabel yang paling dominan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mendapatkan pelajaran akuntansi di SMA Negeri 7 Malang sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI dan XII IPS SMA Negeri 7 Malang. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data regresi linier berganda dengan dummy variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan intellectual intelligence (IQ) berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi creative intelligence yang ditunjukkan dari skor tes profil potensi kreatif berpengaruh signifikan terhadap prestasi dan gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi. Intellectual intelligence (IQ) creative intelligence dan gaya belajar berpengaruh simultan signifikan terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 7 Malang. Sedangkan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap prestasi siswa adalah variabel creative intelligence. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar sekolah selalu rutin mengadakan tes intellectual intelligence (IQ) tujuannya agar siswa mampu mencapai prestasi yang maksimal sesuai dengan kemampuan intelektualnya. Selanjutnya dengan kemampuan intelektual yang dimiliki siswa dapat mengembangkan kreatifitasnya melalui pengarahan guru yang kemudian siswa dapat dengan sendirinya menemukan gaya belajar yang sesuai dengan intelektual dan kreatifitasnya sehingga dapat mempermudah siswa tersebut untuk meraih prestasi yang baik. iii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34152

Actions (login required)

View Item View Item