Pengaruh cara belajar, fasilitas belajar di rumah dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar / Ulfa Himatul Syaharin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh cara belajar, fasilitas belajar di rumah dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar / Ulfa Himatul Syaharin

Syaharin, Ulfa Himatul (2010) Pengaruh cara belajar, fasilitas belajar di rumah dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi kelas X Akuntansi di SMK Negeri 2 Blitar / Ulfa Himatul Syaharin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Berhasil atau tidaknya belajar dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Faktor- faktor yang mempengaruhi belajar antara lain cara belajar fasilitas belajar di rumah dan bimbingan belajar oleh tua. Oleh karena itu penelitian ini membahas tentang pengaruh cara belajar fasilitas belajar di rumah dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksplanasi (eksplanatory research).Populasinya yaitu seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 2 Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan random sampling. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi digunakan untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas (cara belajar fasilitas belajar di rumah dan bimbingan belajar oleh orang tua) terhadap variabel terikat ( prestasi belajar). Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif antara cara belajar dengan prestasi. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis regresi diperoleh nilai t hitung sebesar 2.303 sedangkan signifikansi t sebesar 0.028 0.05. Sedangkan koefisien beta untuk cara belajar adalah sebesar 0.252. Selain cara belajar fasilitas belajar di rumah juga berpengaruh positif terhadap prestasi hal ini ditunjukkan dari analisis regresi diperoleh nilai t hitung sebesar 3.042 sedangkan signifikansi t sebesar 0.005 0.05. Sedangkan koefisien beta untuk fasilitas belajar di rumah adalah sebesar 0.489. Selain cara belajar dan fasilitas belajar di rumah yang berpengaruh positif terhadap prestasi adalah bimbingan belajar oleh orang tua. Hal ini ditunjukan dari analisis regresi diperoleh nilai thitung sebesar 3.042 sedangkan signifikansi t sebesar 0.005 0.05. Sedangkan koefisien beta untuk fasilitas belajar di rumah adalah sebesar 0.48. Cara belajar fasilitas belajar di rumah dan bimbingan belajar oleh orang tua secara simultan berpengaruh terhadap prestasi hal ini ditunjukkan dengan hasil uji ANOVA diperoleh Fhitung 37.526 dengan tingkat signifikansi 0.000 0.05. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti memberikan saran yaitu untuk memaksimalkan prestasi belajar maka hendaknya siswa membentuk kelompok belajar yang merupakan salah satu cara belajar yang baik siswa memiliki fasilitas belajar berupa buku-buku penunjang dan sumber belajar lain seperti majalah koran jurnal ilmiah dan lainnya. Selain itu hendaknya sekolah membuat program yang bisa menjalin komunikasi antara guru dengan orang tuasiswa agar bisa mengetahui perkembangan yang terjadi pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34151

Actions (login required)

View Item View Item