Hartini, Umi Titik (2009) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesionalisme guru terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di MAN Kandangan Kediri / Umi Titik Hartini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan investasi sumberdaya manusia jangka panjang yang mempunyai nilai strategis bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia. Dalam dunia pendidikan sampai saat ini yang digunakan untuk mengukur prestasi siswa adalah prestasi yang diraih siswa dalam belajar. Untuk mencapai prestasi di sekolah guru mempunyai peranan yang besar dan strategis. Oleh karena itu selayaknya guru mempunyai berbagai kompetensi yang meliputi kompetensi pedagogik kepribadian sosial dan profesional. Dalam menilai apakah seorang guru telah memiliki berbagai kompetensi siswa mempunyai persepsi yang berbeda. Persepsi dari siswa ini akan mempengaruhi perkembangan mental siswa yaitu motivasi siswa untuk belajar. Motivasi belajar merupakan pendorong atau daya penggerak individu untuk melakukan aktivitas belajar dalam usaha untuk mencapai hasil belajar. Motivasi ini meliputi motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi belajar ini akan mempengaruhi tindakan siswa dalam mencapai tujuannya yaitu mendapatkan prestasi yang memuaskan. Apabila motivasi belajar rendah tentunya prestasi tidak sesuai dengan yang diharapkan yaitu mendapatkan nilai tinggi. Sebaliknya apabila motivasi belajar tinggi tentunya prestasi yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian yang dilakukan pada siswa kelas XI IPS di MAN Kandangan Kediri tahun ajaran 2007/2008 bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di MAN Kandangan Kediri . Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS MAN Kandangan Kediri yang berjumlah 102 siswa yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas XI IPS I XI IPS II dan XI IPS III. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh secara langsung persepsi siswa tentang kompetensi profesionalisme guru terhadap motivasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai beta terstandarisasi sebesar 0 378. Terdapat pengaruh secara langsung motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dari hasil analisis nilai beta terstandarisasi sebesar 0 409. Terdapat pengaruh secara tidak langsung persepsi siswa tentang kompetensi profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar. Hal ini terbukti dengan nilai pengaruh total yang di peroleh sebesar 0 155.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34150 |
Actions (login required)
View Item |