Strategi peningkatan mutu manajemen melalui pengembangan program sekolah (studi kasus di sekolah dasar muhammadiyah 9 Malang) - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi peningkatan mutu manajemen melalui pengembangan program sekolah (studi kasus di sekolah dasar muhammadiyah 9 Malang)

Septi, Ida Ayu Yoni (2011) Strategi peningkatan mutu manajemen melalui pengembangan program sekolah (studi kasus di sekolah dasar muhammadiyah 9 Malang). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci strategi mutu manajemen program sekolah. Pendidikan merupakan bagian penting dari proses pembangunan nasional yang ikut menentukan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Pendidikan juga merupakan investasi dalam pengembangan sumberdaya manusia dimana peningkatan kecakapan dan kemampuan diyakini sebagai faktor pendukung upaya manusia dalam mengarungi kehidupan yang penuh dengan ketidakpastian. Sekolah merupakan sebuah institusi tempat dibentuknya sumber daya manusia untuk menjadi manusia-manusia yang berkepribadian unggul di masa sekarang dan di masa yang akan datang. Sekolah Dasar sebagai tingkat pendidikan dasar bertujuan untuk memberikan dasar pengetahuan sikap dan keterampilan bagi peserta didik. Strategi manajemen peningkatan mutu pendidikan merupakan rencana bagaimana sebuah pendidikan persekolahan harus dikelola secara efektif efisien dan berkeadilan untuk mewujudkan mutu pendidikan sebagaimana yang diharapkan. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan usaha yang terencana dan terprogram dengan jelas dalam agenda sekolah dalam upaya penyelenggaraan pendidikan. SD Muhammadiyah 9 Malang saat ini sedang berupaya dan berusaha menjadi sekolah yang berkarakter dan berbasis keunggulan. Salah satu strategi dalam mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah diraih adalah dengan mengembangkan program-program sekolah yang berpotensi untuk membentuk peserta didik menjadi manusiamanusia yang unggul dan berkarakter di masa sekarang dan masa mendatang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup proses perencanaan strategi peningkatan mutu manajemen melalui program sekolah proses pelaksanaan program sekolah proses evaluasi program sekolah kendala-kendala serta pemecahan masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi peningkatan mutu manajemen melalui program sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian studi kasus peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengamati dan menggali data-data dari objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara pengamatan catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan pengkroscekan hasil wawancara berulang-ulang dengan beberapa informan yang berbeda. Tahapan penelitian ini meliputi tahap persiapan pelaksanaan dan pelaporan. Analisis data dimulai dari tahap identifikasi data kategorisasi sintesisasi dan menyusun hipotesis kerja. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama kegiatan perencanaan strategi peningkatan mutu manajemen melalui program sekolah di SD Muhammadiyah 9 pertama merupakan rancangan untuk menindaklanjuti program-progam terdahulu setelah dilakukan evaluasi program. Kedua program-program yang ada di SD Muhammadiyah 9 Malang adalah pembinaan keagamaan pembinaan anak cerdas pembinaan guru simpatik dan penciptaan lingkungan asri. Ketiga pengawasan pelaksanaan program di SD Muhammadiyah 9 Malang dilakukan secara internal dan ekternal pengawasan internal dilakukan ole Kepala Sekolah Wakil Kepala Sekolah Kepala Urusan guru an wali murid melalui Majelis Ta lim pengawasan eksternal dilakukan oleh Dikdasmen Muhammadiyah Komite Sekolah dan Tim Pengembang Universitas Muhammadiyah Malang. Kelima Kendala yang dihadapi SD Muhammadiyah 9 Malang pada pelaksanaan program sekolah untuk meningkatkan mutu manajemen pendidikan adalah pengelolaan sumber daya manusia serta pengelolahan sarana dan prasarana sekolahnya yang masih lemah sehingga perlu dilakukan evaluasi pada pelaksanaan program sekolah dan melakukan perbaikanperbaikan dengan lebih menertibkan pengelolaan sumber daya manusia serta pengelolahan sarana dan prasarana sekolah. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah (1) Kepala Sekolah selalu meningkatkan kedisplinan dalam pelaksanaan manajemen pendidikan di SD Muhammadiyah 9 Malang melalui perencanaan pelaksanaan serta pengawasan yang baik dan menyeluruh (2) kepala urusan bidang-bidang selalu meningkatkan kerjasama dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta lebih tertib sebagai kepala bidang (3) Akademisi Jurusan Administrasi Pendidikan lebih meningkatkan kemampuan mengenai strategi peningkatan mutu manajemen pendidikan dan dapat memeberikan teori serta praktek nyata kepada masyarakat mengenai strategi peningkatan mutu manajemen pendidikan dan (4) Peneliti lain dapat dijadikkan bahan referensi dan informasi awal untuk mengembangkan dan melaksanakan penelitian sejenis mengenai strategi peningkatan mutu manajemen pendidikan khususnya penelitian untuk memingkatkan mutu manajemen bagi tenaga kependidikan (tata usaha) di sekolah yang belum mampu dilakukan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3415

Actions (login required)

View Item View Item