Pengaruh persepsi guru tentang program sertifikasi terhadap kinerja guru di SMK PGRI 2 Malang / Tri Kurnia Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi guru tentang program sertifikasi terhadap kinerja guru di SMK PGRI 2 Malang / Tri Kurnia Novitasari

Novitasari, Tri Kurnia (2009) Pengaruh persepsi guru tentang program sertifikasi terhadap kinerja guru di SMK PGRI 2 Malang / Tri Kurnia Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan yang bermutu sangat tergantung pada kapasitas satuan-satuan pendidikan dalam mentransformasikan peserta didik untuk memperoleh nilai tambah baik yang terkait dengan aspek olah pikir rasa hati dan raganya.Dari sekian banyak komponen pendidikan guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Dalam hal ini seorang guru dituntut untuk selalu meningkatkan profesionalismenya demi terwujudnya tujuan pendidikan nasional. Dalam rangka peningkatan kemampuan profesional guru perlu dilakukan sertifikasi dan diuji kompetensi secara berkala agar kinerja guru terus meningkat oleh karena itu penelitian ini membahas tentang bagaimana persepsi guru dengan adanya program sertifikasi guru terhadap peningkatan kinerja guru yang mempunyai tujuan sebagai berikut 1) untuk mengetahui persepsi guru SMK PGRI 2 Malang tentang program sertifikasi guru 2) untuk mengetahui kinerja guru di SMK PGRI 2 Malang 3) untuk mengetahui apakah persepsi guru tentang program sertifikasi berpengaruh terhadap kinerja guru di SMK PGRI 2 Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi (explanatory research). Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana (Simple Linier Regression Analysis). Variabel dalam penelitian ini meliputi persepsi guru tentang program sertifikasi guru (X) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikatnya. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang terdiri dari 50 orang guru di SMK PGRI 2 Malang. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket (kuesioner). Dari hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar guru di SMK PGRI 2 Malang mempunyai persepsi yang positif terhadap program sertifikasi guru yang ditunjukkan dengan skor rerata (mean) sebesar 84 56. Kinerja guru di SMK PGRI 2 Malang mempunyai kualifikasi tinggi/ tergolong baik yang ditunjukkan dengan skor rerata (mean) sebesar 88 84. Ada pengaruh positif dari persepsi guru tentang program sertifikasi guru terhadap kinerja guru di SMK PGRI 2 Malang yang ditunjukkan dari nilai Unstandardized Coefficients Beta sebesar 0 894 dan besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai R2 sebesar 44 8%. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan mengacu pada hasil temuan yang menyatakan persepsi guru tentang program sertifikasi berpengaruh positif terhadap kinerja guru adalah hendaknya semua guru tetap menjaga dan terus meningkatkan kompetensi profesionalismenya guna terciptanya peningkatan terhadap mutu pendidikan misalnya dengan cara melakukan penyegaran keilmuan dengan ikut lokakarya kursus workshop dan seminar .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34148

Actions (login required)

View Item View Item