Hubungan antara persepsi tentang kewirausahaan dengan minat berwirausaha di kalangan siswa SMK / Jadwa Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi tentang kewirausahaan dengan minat berwirausaha di kalangan siswa SMK / Jadwa Amalia

Amalia, Jadwa (2010) Hubungan antara persepsi tentang kewirausahaan dengan minat berwirausaha di kalangan siswa SMK / Jadwa Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingginya angka pengangguran merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh bangsa Indonesia. Hal ini antara lain disebabkan oleh minimnya lapangan pekerjaan dan adanya kesenjangan antara pendidikan di bangku sekolah dengan kebutuhan dunia kerja. Pada tingkat pendidikan menengah SMK memiliki peranan penting dalam menyiapkan tenaga siap kerja karena kurikulumnya dirancang agar siswa memiliki kecakapan sesuai bidang keahliannya masing-masing akan tetapi masih banyak lulusan SMK yang kesulitan memperoleh pekerjaan. Fakta ini mendorong pemerintah untuk mempertajam orientasi pendidikan SMK ke arah kewirausahaan agar lulusannya memiliki kemandirian dalam berusaha sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Upaya tersebut di atas antara lain dilakukan melalui pemberian mata diklat kewirausahaan kepada siswa SMK. Diharapkan selain membekali siswa dengan teori dan keterampilan dasar kewirausahaan upaya ini juga dapat membentuk persepsi yang baik tentang kewirausahaan dalam diri siswa. Selain itu adanya persepsi yang baik tentang kewirausahaan diharapkan dapat menunjang tumbuh dan berkembangnya minat siswa untuk berwirausaha. Atas dasar itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji hubungan antara persepsi tentang kewirausahaan dengan minat berwirausaha dikalangan siswa SMK. Penelitian ini melibatkan 90 orang siswa kelas X dan XI program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang sebagai populasi penelitian sedangkan pengumpulan datanya dilakukan menggunakan angket dengan skala pengukuran yang diadopsi dari skala Likert. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara persepsi tentang kewirausahaan dengan minat berwirausaha dikalangan siswa program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Malang . Hasil analisis data menunjukkan adanya korelasi positif sebesar 0 513 antara persepsi tentang kewirausahaan dengan minat berwirausaha dikalangan siswa. Artinya peningkatan atau penurunan dalam persepsi tentang kewirausahaan akan menyebabkan meningkat atau menurunnya minat mereka untuk berwirausaha yang berarti hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dinyatakan terbukti dan diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34146

Actions (login required)

View Item View Item