Azhari, Danavid (2009) Pemanfaatan media pembelajaran oleh guru ukuntansi kaitannya dengan prestasi belajar di SMA Negeri II Kota Blitar semester 1 tahun 2007/2008 / Danavid, Azhari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Guru sebagai pelaksanaan utama dalam kegiatan pendidikan dan pembelajaran sekolah sudah seharusnya menempatkan siswa sebagai pusat perhatian utama.Pola kegiatan belajar mengajar dikelas tidak hanya ditentukan oleh metode yang digunakan yaitu media pembelajaran melainkan guru juga aktif dalam kegiatan pembelajaran. Guru yang aktif dalam mengunakan media pembelajaran juga dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Oleh karena itu medie pembelajaran yang digunakan gurumempunyai peranan penting dalam proses interaksi belejar mengajar. Ini berarti media pembelajaran ikut menentukan berkualitas atau tidaknya prestasi belajar siswa disamping factor-faktor lainya seperti keluarga intelegensi kompetensi dan minat siswa itu sendiri sebagai individu. Tujuan penelitian ini adalah (1)Mendeskripsikan keragaman media pembelajaran yang dimanfaatkan oleh guru Bidang Studi Akuntansi dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas SMA Negeri II Blitar. (2)Menjelaskan adanya pola atau kecenderungan tertentu dalam pemanfaatan media pembelajaran antara satu guru dengan guru lain dan alasan-alsan yang melatarbelakangi kecenderungan tersebut. (3) Menjelaskan hubungan pemanfaatan media pembelajaran dengan prestasi belajar siswa. Rancangan penelitian ini adalah eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 63 siswa semua dijadikan respoden sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi. Alat yang digunakan adalah analisis produt moment karena melukiskan hubungan antara dua variabel yaitu media pembelajaran akuntansi dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Berkaitan dengan ragam media pembelajaran yang digunakan untuk sementara ini sarana dan prasarana yang minim tidak senantiasa membuat mereka tidak menggunakan media tapi justru memacu kreativitas untuk dapat mengusahan secara mandiri.Sedangkan penggunaan media belajar untuk saat ini dapat dikatakan cukup efektif dan efisien karena senantiasa disesuaikan dengan materi yang sedang diajarkan kondisi dan karakteristik siswa ketersediaan media disekolah serta anggaran yang di keluarkan sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. (2) Prestasi belajar dengan kategori baik sebanyak 19 18% prestasi belajar siswa pada kategori cukup 64 38% prestasi belajar siswa pada kategori kurang 16 44% dari analisis data yang tercantum pada daftar prestasi belajar rentangan prestasi rata-rata siswa yaitu tertinggi 88 terendah 42 dan diambil antara 20 interval. (3) Penelitian ini menujukan ada pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran guru akuntansi dengan prestasi belajar siswa pada meta pelajaran akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan guru Akntansi kelas III yang berada di lingkup SMAN II Blitar dapat lebih mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran meskipun kenyataan yang terjadi menunjukkan adanya kecenderungan terhadap pemanfaatan media guna memperlancar kegiatan belajar mengajar pada pelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34140 |
Actions (login required)
View Item |