Perbedaan kebiasaan belajar, gaya belajar, dan motivasi belajar mahasiswa reguler dan non reguler serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar: studi kasus pada mahasiswa jurusan S1 akuntansi angkatan 2005 FE. UM. / Ermila Nora Tiya Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan kebiasaan belajar, gaya belajar, dan motivasi belajar mahasiswa reguler dan non reguler serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar: studi kasus pada mahasiswa jurusan S1 akuntansi angkatan 2005 FE. UM. / Ermila Nora Tiya Sari

Sari, Ermila Nora Tiya (2009) Perbedaan kebiasaan belajar, gaya belajar, dan motivasi belajar mahasiswa reguler dan non reguler serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar: studi kasus pada mahasiswa jurusan S1 akuntansi angkatan 2005 FE. UM. / Ermila Nora Tiya Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahasiswa reguler dan non reguler Jurusan S1 Akuntansi Universitas Negeri Malang dibedakan atas dasar seleksi masuk perguruan tinggi sebagai mahasiswa baru dengan adanya perbedaan input tersebut apakah juga akan menyebabkan adanya perbedaan kebiasaan belajar gaya belajar dan motivasi belajar. Yang pada akhirnya perbedaan-perbedaan tersebut secara keseluruhan berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 Akuntansi FE UM. Atas dasar landasan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kebiasaan belajar gaya belajar dan motivasi belajar mahasiswa reguler dan non reguler serta pengaruhnya terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif dengan eksplanasi atau uji hubungan dengan sampel yang digunakan sebanyak 65 mahasiswa reguler dan non reguler S1 Akuntansi angkatan tahun 2005 FE UM. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji beda atau Uji t untuk mengetahui perbedaan mahasiswa reguler dan non reguler dan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruhnya terhadap prestasi belajar. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kebiasaan belajar gaya belajar motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa reguler dan non reguler. Hasil penelitian yang kedua secara parsial ada pengaruh signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan Tahun 2005 FE UM. Secara parsial ada pengaruh signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan Tahun 2005 FE UM. Secara parsial ada pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan Tahun 2005 FE UM. Dan yang terakhir secara simultan ada pengaruh signifikan kebiasaan belajar gaya belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Variabel prestasi belajar dijelaskan oleh variabel kebiasaan belajar gaya belajar dan motivasi belajar sebesar 69.7% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian. Bagi dosen diharapkan untuk dapat menanamkan kebiasaan belajar yang baik merangsang mahasiswa untuk mengenali gaya belajar mereka sendiri sehingga dapat belajar dengan optimal serta menumbuhkan semangat dan motivasi belajar mahasiswa sehingga dapat meningkatkan prestasi akademik mahasiswa tersebut. Untuk peneliti selanjutnya disarankan dapat memperluas variabel yang diteliti sehingga faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa juga dapat dikaji dan dikembangkan seperti misalnya faktor keluarga profesionalisme dosen sarana dan prasarana dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34138

Actions (login required)

View Item View Item