Penerapan pembelajaran pendekatan kontekstual strategi react pada mata diklat akuntansi kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Erna Pratiwi

Pratiwi, Erna (2009) Penerapan pembelajaran pendekatan kontekstual strategi react pada mata diklat akuntansi kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Erna Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu upaya perbaikan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan. Kualitas pendidikan akan baik apabila proses penyampaiannya dapat dipahami dan dimengerti siswa dengan tidak hanya menguasai materi pengetahuan saja akan tetapi mampu menggunakan pengetahuannya dalam kehidupan nyata yang memiliki keterkaitan dengan ilmu yang dimiliki. Pola pembelajaran kontekstual merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk menguatkan, memperluas, dan menerapkan pengetahuan dan ketrampilan akademik mereka dalam berbagai macam tatanan kehidupan baik disekolah maupun di luar sekolah. Menurut Center of Research and Development (CORD), pendekatan kontekstual meliputi strategi REACT sebagai berikut: Relating (mengaitkan), Experiencing (mengalami, menggali, dan menemukan), Applying (menggunakan), dan Transfering (memindahkan). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Malang tahun ajaran 2007/2008. Penelitian tindakan kelas berangkat dari permasalahan yang timbul pada subjek penelitian. Berdasarkan hasil observasi permasalahan yang timbul yaitu kekurang aktifan siswa selama proses pembelajaran . penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki kondisi belajar tersebut dengan pendekatan kontekstual strategi REACT . Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa penerapan pembelajaran strategi REACT dapat memperbaikimemperbaiki proses belajar dengan meningkatnya keaktifan dan hasil belajar siswa. Sehingga strategi REACT dapat dijadikan sebagai salah satu strategi dalam memperbaiki proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi REACT dapat. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki siswa. Penelitian selanjutnya menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual strategi REACT dengan menggali kemampuan siswa lebih luas dan salah satunya dapat dengan menggunakan metode pembelajaran yaitu Problem Based Learning (PBL). Dalam hal dokumentasi sebaiknya menggunakan kamera video, untuk memudahkan merekam perubahan yang terjadi selama penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34136

Actions (login required)

View Item View Item