Siti Khusniah (2009) Penerapan pembelajaran akuntansi dengan pendekatan pakem (pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata diklat akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 02 Malang / Siti Khusniah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Guru memiliki peranan yang besar dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan seorang guru adalah memilih pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik berpartisipasi secara aktif sehingga dapat memahami materi yang dipelajari dan menguasai ketrampilan yang diperlukan. Salah satu pendekataan pembelajaran yang tepat adalah pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan merupakan pembelajaran yang melibatkan keaktifan seluruh siswa sehingga siswa lebih kreatif dan proses belajar mengajar dapat berlangusng efektif dan menyenangkan yang memberi kesempatan kepada siswa untuk aktif dan kreatif selama proses belajar mengajar dan saling bekerjasama dengan teman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dalam 2 siklus yaitu pada bulan Maret-Mei 2007. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber langsung dari subyek penelitian yaitu siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI 02 Malang sebanyak 44 siswa. Materi pelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah jurnal khusus dan buku besar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi wawancara tidak terstruktur tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa menjadikan pembelajaran efektif dan menyenangkan dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa meningkat pada siklus I dan siklus II yaitu nilai rata-rata hasil penilaian ranah kognitif siklus I sebesar 76 45 sedangkan siklus II menjadi 83 59. Rata-rata hasil penilaian afektif pada siklus I sebesar 81 06% dan pada siklus II sebesar 87 33% sedangkan rata-rata hasil penilaian ranah psikomotor pada siklus I sebesar 75 76% dan pada siklus II menjadi 86 63%. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penerapan pembelajaran ini disarankan sebaiknya guru lebih aktif dalam mengamati memberikan motivasi dan membimbing siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34134 |
Actions (login required)
View Item |