Pengukuran kinerja dengan balanced scorecard bagi manajemen PDAM Kota Kediri / Sri Mariani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengukuran kinerja dengan balanced scorecard bagi manajemen PDAM Kota Kediri / Sri Mariani

Sri Mariani (2009) Pengukuran kinerja dengan balanced scorecard bagi manajemen PDAM Kota Kediri / Sri Mariani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembangunan nasional telah dilaksanakan dalam suatu sistem yang sistematis sehingga diharapkan efektifitas dan efisiensi yang tinggi. Namun masih terdapat kendala dalam pengelolaan hasil pembangunan khususnya sektor air bersih. Seiring bertambahnya penduduk di Indonesia serta pertumbuhan ekonominya terjadi peningkatan kebutuhan akan prasarana air minum yang semakin meningkat dan waktu ke waktu baik dan segi penyediaannya kuantitas maupun kualitasnya. Usaha untuk mencapai sasaran penyediaan air minum diperlukan suatu strategi yang tepat mobilisasi potensi pemerintah peran serta masyarakat serta kerja keras dari semua unsur yang terkait. Pada hakikatnya pengukuran kinerja merupakan pengukuran yang seimbang (balance) terintegrasi dan disusun untuk mengetahui variabel-variabel kritis dalam input proses dan output dalam suatu organisasi dalam suatu perusahaan. Balanced scorecard memiliki keistimewaan dalam hal cakupan pengukurannya karena selain mempertimbangkan kinerja keuangan balanced scorecard juga mempertimbangkan kinerja non keuangan. Dengan adanya balanced scorecard ini maka seorang manajer akan dapat menilai kinerja perusahaan dengan lebih baik serta mampu meningkatkan efektifitas seluruh karyawan sehingga tujuan utama perusahaan yang telah direncanakan dapat dicapai dengan hasil yang maksimal. Penelitian yang berjudul Pengukuran Kinerja dengan Balanced Scorecard Bagi Manajemen ini dilakukan di PDAM Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif yaitu memaparkan indikator perspektif keuangan dan non keuangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode balanced scorecard dengan keempat perspektifnya yaitu perspektif keuangan (quick ratio current ratio ROl dan ROE) perspektif pelanggan (customer retention growth rate in revenue dan customer acquisition) perspektif proses internal bisnis(inovasi yield rate MCE dan layanan purna jual) dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (employee turnover dan employee absenteeism). Hasil analisis dan perspektif keuangan menunjukkan indikator ROl yang mengalami fluktuasi yang cukup berarti ini perusahaan kurang dapat menggunakan aktiva lebih efisien dalam menghasilkan laba sedangkan indikator lainnya mengalami kenaikan terus. Berdasarkan indikator perspektif pelanggan menunjukkan bahwa perusahaan dapat meningkatkan jumlah pelanggan baru. Sedangkan perspektif proses internal bisnis sudah menunjukkan kinerja PDAM yang cukup baik. Indikator pembelajaran dan pertumbuhan bisa dikatakan baik karena karyawan sudah memiliki kesadaran dalam melaksanakan tanggung jawab dan mempunyai loyalitas terhadap perusahaan. Saran yang dapat disampaikan berkaitan dengan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) pihak perusahaan hendaknya lebih meningkatkan volume penjualan air bersih (2) perusahaan hendaknya lebih meningkatkan promosi dengan memperluas distribusi saluran air dan meningkatkan kualitas pelayanan sarana dan prasarana yang ada (3) hendaknya perusahaan lebih meningkatkan efektifitas waktu pelayanan kepada pelanggan dan menekan tingkat kehilangan air dan yang terakhir (4) hendaknya perusahaan mampu menciptakan suatu hubungan yang saling menguntungkan antara pihak perusahaan dan karyawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34133

Actions (login required)

View Item View Item