Pengaruh kemampuan akademik dan keaktifan berorganisasi terhadap profesionalisme guru di SMA Islam Almaarif Singosari / Muhammad Abdinal Akhda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemampuan akademik dan keaktifan berorganisasi terhadap profesionalisme guru di SMA Islam Almaarif Singosari / Muhammad Abdinal Akhda

Muhammad Abdinal Akhda (2009) Pengaruh kemampuan akademik dan keaktifan berorganisasi terhadap profesionalisme guru di SMA Islam Almaarif Singosari / Muhammad Abdinal Akhda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan IPTEK dan semakin ketatnya persaingan di abad 21 membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Dalam hal ini peran dunia pendidikan sangat penting untuk peningkatan kualitas SDM yang lebih baik. Salah satu komponen dalam pendidikan yang perlu ditingkatkan selain kurikulum adalah guru. Saat ini guru dianggap sebuah profesi yang sejajar dengan profesi yang lain. Oleh karena itu guru dituntut untuk bersikap profesional dalam melaksanakan tugasnya. Guru yang profesional adalah orang yang memiliki kompetensi dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan maksimal. Sikap profesionalisme guru bisa dibentuk oleh banyak faktor antara lain kemampuan akademik dan keaktifan berorganisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan akademik dan keaktifan berorganisasi terhadap profesionalisme guru baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh guru yang mengajar di SMA Islam Almaarif Singosari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan menggunakan angket. Hasil dari penelitian di uji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya kemudian di analisis. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang sebelmnya telah diuji yaitu meliputi uji normalitas uji multikolinieritas uji heteroskedastisitas. Hasil analisis diperoleh thitung sebesar (2 916) ttabel (2 021) dengan tingkat signifikansi 0 006 0 05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan akademik dan keaktifan berorganisasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profesionalisme guru di SMA Islam Almaarif Singosari. Besar pengaruh kemampuan akademik terhadap profesionalisme guru sebesar 19 37% pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap profesionalisme guru sebesar 21 64%. Besarnya pengaruh kedua variabel bebas secara simultan terhadap profesionalisme guru sebesar 41%. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan (1) peningkatan kualitas profesionalisme guru terus ditingkatkan. (2) untuk penelitian selanjutnya diharapkan meneliti variabel lain yang belum pernah diteliti atau dengan menggunakan instrumen lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34131

Actions (login required)

View Item View Item